Panduan Lengkap Cara Budidaya Lebah Madu Step by Step

Cara Budiaya Lebah Madu – Jumpa lagi bersama kami dalam SuksesBudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan artikel mengenaia Cara Budidaya Lebah Madu. Lebah madu adalah serangga sosial kaya manfaat, semua yang di produksi oleh lebah madu tentunya berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam klasifikasi dunia hewan, lebah dimasukkan dalam ordo Hymenoptera yang artinya “Sayap Bening”. Dalam ordo ini terdapat 100.000 species serangga, termasuk didalamnya lebah, tawon, semut dan rayap.

 

Cara Budiaya Lebah Madu

Lebah madu mempunyai 7 species yang sudah diketahui didunia ini yaitu :

  • Apis dorsata,
  • Apis Laboriosa,
  • Apis Mellifera,
  • Apis Florea,
  • Apis Andreniformis,
  • Apis Cerana
  • Apis Koschevnikovi.

 

Pada akhir-akhir ini ditemukan lagi species lebah madu baru yaitu jenis Apis Nigrocincta di Sulawesi dan Apis Nuluensis di Kalimantan. Dengan ditemukannya dua species baru, jenis lebah yang telah dilaporkan ada sembilan.

Jenis lebah madu Apis Dorsata (lebah raksasa, lebah hutan, tawon gung, odeng, madu sialang) adalah lebah madu yang hidupnya masih liar. Lebah madu ini masih sulit dibudidayakan karena selain sifatnya yang agresif dan galak, lokasi tempat sarangnya sering berada di tempat yang sangat tinggi. Sarangnya bisa ditemukan tergantung di cabang pohon, loteng, atau bukit batu yang terjal. Satu koloni menghuni sebuah sisiran yang ukurannya bisa sangat besar.

Pada satu pohon bisa terdapat 5 – 10 koloni. Produk utama Apis Dorsata adalah madu dan malam dengan produksi madu mencapai 10 -20 kg per koloni per panen. Bahkan, dari sarang yang besar produksinya bisa mencapai 30kg. Madu yang dihasilkan dinamakan madu hutan. Lebah berwarna hitam ini dapat tinggal di dataran 0 – 1000 meter dpl dan hanya berkembang di kawasan subtropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina dan negara-negara Asia lainnya.

Madu Hutan disebut juga madu Multiflora, karena terbuat dari bermacam-macam bunga tanaman yang berlainan. Umumnya Madu Hutan berwarna coklat kehitaman, hal ini karena Madu Hutan banyak mengandung mineral, enzim dan beberapa zat bermanfaat lainnya yang lebih lengkap bila dibandingkan dengan jenis Madu lain yang warnanya lebih terang.

 

Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Budidaya Bebek Step by Step

Koloni – Koloni Lebah Madu

  1. Lebah Pekerja

Dialah yang paling sering kita lihat berkeliaran diluar stup, sistem kerja lebah ini bertugas untuk mencari nectar dan mengumpulkannya, membersihkan sarang, memberi makan lebah jantan dan lebah ratu, menjaga sarang lebah agar tetap aman, bertugas mengumpukan tepung saridan air serta lebah ini juga yang bertugas membangun sarang lebah . Berikut beberapa pembagian tugas dalam lebah pekerja diantaranya :

  • Lebah Perawat (Nurse Bee)

Lebah perawat merupakan lebah pekerja yang sistem kerjanya khusus merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly, serta memberi makan sang ratu dengan royal jelly, bee pollen dan madu.

 

  • Lebah Pencari (Scouts Bee)

Lebah pencari adalah lebah pekerja yang mencari sumber-sumber pollen, nektar dan propolis. Ketika mereka menemukan sumber makanan yang terbaik, mereka akan kembali ke sarang dan menginformasikannya kepada lebah pengumpul. Kemudian, lebah pengumpul pergi untuk mengumpulkan makanan tersebut.

 

  • Lebah Pengumpul (Collector Bees)

Pada saat mengumpulkan pollen dari bunga-bunga, lebah pengumpul hanya akan mengunjungi tipe bunga yang sama hingga semua pollen habis terkumpul. ketika lebah mengumpulkan pollen, ia juga mencampurkannya dengan sedikit madu dari mulutnya dan kemudian membentuk gumpalan pollen yang akan disimpan dalam kantong yang terdapat di kaki lebah.

Lebah pengumpul menghisap nektar dari bunga-bunga dengan lidah mereka yang panjang. Mereka hanya mengunjungi bunga dari spesies yang sama dalam satu putaran pengumpulan, untuk memastikan bahwa nektar yang dikumpulkan berasal dari satu sumber yang sama. Nektar yang terkumpul kemudian disimpan dalam sel madu yang terbuka. Sel-sel ini akan tetap terbuka hingga nektar menguap dan terbentuk cairan madu yang kental dan matang.

  1. Lebah Ratu (Queen Bee)

Lebah ratu memiliki bentuk tubuh yang memanjang. Lebah ini yang paling penting, karena dia yang diikuti oleh lebah pekerja dan lebah jantan. Selain itu lebah ratu msemiliki peran penting dalam kelangsungan hidup sebuah koloni lebah. Dalam sehari lebah ini bisa menghsilkan lebih dari 1000 telur. Lebah ini menghasilkan tiga jenis lebah, lebah pekerja, lebah ratu itu sendiri dan lebah jantan.

  1. Lebah Jantan (Drones)

Sistem kerja lebah jantan ini, ia hanya bertugas mengawini lebah ratu. Setelah mengawini lebah ratu lebah ini akan segera mati. Lebah jantan mempunyai bentuk tubuh paling besar dibandingkan lebah lainnya. Selain itu, ia memiliki dua testis yang masing-masing dapat menghasilkan spermatozoa.

 

Cara Budidaya Lebah Madu Secara Tepat dan Mudah

Berikut ini Cara Budidaya Lebah Madu dari Pembangunan Kandang hingga Pemanenan lebah madu.

  1. Pembangunan Kandang Lebah

Cara Budiaya Lebah Madu

Cara Budidaya Lebah Madu pada tahapan ini yaitu pembangunan kandang lebah. Kandang lebah madu dalam penangkaran mempunyai beberapa type. Bagi anda yang masih pemula, sebaiknya terlebih dahulu anda dapat membuat kandang yang bentuknya sederhana. Setelah itu, apabila koloni lebah semakin banyak dan sudah terdapat munculnya lebah ratu yang baru, anda dapat menyiapkan kandang dalam bentuk yang lebih baikn lagi kualitasnya.

  • Kandang Lebah Madu Sederhana (Tradisional)

Pada bentuk kandang lebah sederhana ini dapat dibuat dari bahan geledok bambu pentung, bambu harus memiliki diameter antara 20 – 25 cm yang dapat kita gunakan sebagai kandang lebah madu secara sederhana atau tradisonal. Pada bagian pinggirnya bambu harus dalam keadaan tertutup dan buatlah 2 – 3 lubang pada salah satu sisi tutup bambu tersebut, hal ini untuk keluar dan masuknya lebah madu. Pada bagian atas bambu yang akan di buat untuk  bahan kandang lebah di iris, tujuannya untuk mempermudah membuka, mengecek dan memanen sarang lebah madu. Pada bagian pintu bukaan, ikat dengan menggunakan kawat atau tali dari karet ban.

Setelah bambu kandang lebah sudah siap, kemudian gantungkan pada pohon kebunmu dan letakkan dengan posisi vertikal dengan sudut kemiringan sekitar 60 derajat. Selain bahan dari bambu untuk membuat kandang secara sederhana  anda dapat menggunakan dari potongan batang kelapa yang bagian tengahnya sudah di lubangi.

  • Kandang Lebah Madu Modern

Kandang lebah madu secara modern ini dikembangkan dari negara kenya, yaitu peralihan dari kandang lebah sederhana ke kandang lebah yang modern.  Bentuk kandang lebah madu modern ini berbentuk  kotoh yang menyerupai peti kayu. Pada bagian atas peti kayu dibuat agak lebar daripada bagian dasarnya, sehingga dinding terpasang dalam posisi miring. Pada bagian atas peti kayu ditutup dengan mengunakan bilah – bilah kayu kasar atu dengan menggunakan bambu dengan ukuran kurang lebih 3 cm yang sejajar.  Bentuk kandang lebah ini disesuaikan dengan kebiasaan hidup lebah madu yaitu :

  • Lebah madu selalu membuat sarangnya sejajar dengan jarak yang setara
  • Lebah madu selalu membuat sarang dari tempat paling tinggi dan melebar kemudian mengecil ke bagian bawah didalam rumah sarangnya.

 

Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Budidaya Ayam Potong Step by Step

  1. Persiapan Sarang Lebah Madu

Cara Budidaya Lebah madu yang kedua ini adalah persiapan sarang lebah madu. Setelah kandang siap, letakkan 2-3 baris sisir kayu  (bingkai) dengan yang terdapat jaring kawatnya.  Jangan lupa letakkan didalam kandang  tersebut dan jangan lupa lapisi dengan royal jelly akar ratu lebah dan lebah lainnya nyaman tinggal didalam kandang yang kita siapkan.

  1. Pemilihan Bibit Lebah Madu

Pada tahapan ini sangat penting dan paling utama sebab dalam pemilihan bibit lebah ini yang nantinya akan menunjang kualitas madu yang akan di hasilkan. Jenis lebah madu yang sangat bagus kualitasnya  untuk memproduksi madu adalah jenis lebah melifera atau cerana.  Pada tahap awal yang harus kita siapkan adalah ratu lebah diletakkan pada bingakai yang sudah kita siapkan tadi, secara otomatis lebah pekerja dan lebah pejantan akan mengikuti dan mengerumuni bingkai yang berisi ratu lebah.

Kita bisa mendapatkan ratu lebah dan koloni lebah di petani lebah yang menjualnya atau kita dapat mencarinya  sendiri di hutan. Sebaiknya kita membelinya pada petani lebah saja karena lebah yang di jual petani tidak begitu agresif dan kulitanya pun terjamin unggulan dibandingkan kita mencarinya sendiri di hutan.

Biasanya setelah 2 hari sarang lebah sudah mulai terbentuk seperti sel – selnya, kemudian lepaskan ratu lebah dari dalam bingkai supaya pembuatan sarang dapat lebih besar dan luas di dalam are kandang lebang dan jangan lupa berikan tambahan pakan seperti cairan madu dan royal jellly.

  1. Pemberian Pakan Lebah Madu

Untuk memelihara lebah, kalian tidak perlu keluar uang banyak untuk masalah pakan. Karena kalian cukup menanam bunga di sekitar kandang lebah. Akan sangat bagus jika kandang ditempatkan di wilayah yang dekat dengan kebun atau taman. Kalian bisa membuat kandang di dekat kebun seperti kebun kopi dan lainnya. Ini karena sangat mempengaruhi madu dihasilkan oleh lebah.ss

Selain itu kalian juga hatus mengetahui bunga yang disukai oleh lebah. Berikut bunga yang disukai oleh lebah.

  • Bunga Randu
  • Bunga Kopi
  • Bunga Kaliandra
  • Kayu Sono
  • Kelapa Sawit
  • Kayu Puspa
  • Bunga Mangga serta bunga lainnya yang mempunyai nektar maupun pollen. Sama halnya dengan bunga jagung serta bunga palm

 

  1. Pemeliharaan Kandang Lebah Madu

Berikut cara pemeliharaan kandang lebah madu diantaranya adalah :

  • Pemeliharaan kandang lebah harus diperhatikan, pada umumnya hama dapat menggganggu kandang leba. Hama itu sendiri adalah semut. Untuk mengatasi ini pemeliharaan kandang harus dusahakan ditempatkan pada kondisi dan lingkungan yang bebas dari hama.
  • Apabila anda memakai bentuk kandang yang modern seperti model kenya, untuk mengatasi hama seperti semut in anda cukup memberikan air pada bagian kaki kandang, hal ini agar semut tidak bisa naik keatas kandang.
  • Apabila anda inigin melakukan pemindahan kandang lebah, sebaiknya lakukan lah pada waktu malam hari kareana pada saat malah hari lebah tidak cukup aktif dan agresif.
  • Apabila andai menjumpai lebah yang sakit, nampak tidak dapat terbang dan diserang oleh keoloni lebah lainnya serta terlihat cacat maka anda harus elakukan tindakan pemisahan dari koloni lebah karena penyakit seperti itu dapat menjalar pada lebah lainnya.
  • Apabila diberikan penambahan pakan, berikan gula bercampur air di dekat posisi sarang lebah berada. Taruh pada wadah yang kecil untuk pemasukan pakan tambahan buat para lebah.

 

Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Budidaya Walet Rumahan Step by Step

  1. Pengembalaan Lebah Madu

Cara Budidaya Lebah Madu ini di perlukan kegiatan pengembalaan, pengembalaan dilakukan dengan cara kita menyiapkan taman berbungan disekitar penangkaran lebah. Tanaman-tanaman bunga yang bisa kita tanam seperti bunga mawar, bunga matahari dan bunga sepatu. Semakin banyak tanaman bunga akan semakin baik, hal ini akan mempengaruhi banyaknya hasil madu yang kita peroleh.

  1. Pemanenan Lebah Madu

Cara Budiaya Lebah Madu

Cara Budidaya Lebah Madu yang terakhir adalah pemanenan lebah madu. Sebelum melakukan pemanenan adapun yang harus di persiapkan terlebih dahulu yaitu seperti pakaian anti lebah yang tebal dan dilengkapi masker pelindung pada wajah dan kepala, sarung tangan serta catut untuk mengambil bingkai sarang lebah. Masa panen sarang lebah bisa kita lakukan setelah 40 hari sejak pertama kali ratu lebah diletakkan didalam rumah.

Selain itu gunakan alat pengasapan untuk mengusir lebah secara sementara, kita bisa mengambil bingkai / sisiran yang sudah dipenuhi sarang lebah madu. Jangan lupa amankan ratu lebah di tempat bingkai yang baru untuk budidaya lebah madu setelah panen.

Setelah sisiran yang berisi sarang lebah kita ambil, kupas sarang lebah tersebut bisa dengan alat penyongkel sarang lebah, lakukan dengan baik dari madu tidak terlalu terbuang saat proses pengelupasan.

Setelah sarang lebah kita ambi, jangan lupa ekstrak sarang lebah tersebut dengan alat ekstraksi agar cairan madu yang dihasilkan lebih bersih dan maksimal. Royal jelly, biasanya terdapat pada sarang lebah yang masih nampak putih belum begitu kecoklatan. Madu pada sarang lebih yang masih muda ini juga tidak terlalu banya. Selain madu, royal jelly juga bisa kita jual kepada pembeli, biasanya untuk pengobatan.

Ampas sarang lebah sisa ekstraksi juga bisa kita masak untuk kita makan, sarang lebah mengandung gizi yang baik dan protein yang cukup tinggi, namun sebagian orang juga alergi setelah mengkonsumsi ampas sarang lebih. Jika terdapat gelaja alergi lebih baik dihindari karena kelebihan protein tubuh kita juga tidak baik.

Setelah mengetahui Cara Budidaya Lebah Madu saatnya anda mengetahui apa manfaat lebah madu itu sendiri.

 

Manfaat Lebah Madu Bagi Manusia dan Tumbuhan

Berikut ini berbagai manfaat lebah yang dapat diguanakan oleh manusia diantaranya adalah :

  1. Mannfaat dari Sarang Lebahnya

Sarang lebah atau dikenal juga dengan sebutan dengan propolis adalah hasil resin yang telah di kumpukan oleh para lebah dari berbagai kulit pepohonan yang nantinya dapat digunakan sebagai penutup lubang – lubang pada sarang lebah itu sendir.  Propolis adalah bahan – bahan yang lengket  dari tumbuh – tumbuhan.

Kandungan yang terdapat pada propolis adalah protein,  vitamin A, B kompleks, C,D,E, Biotin, maupun Bioflavanoid. Hal tersebut menjadikan sarang lebah sangat baik untuk dikonsumsi. Adapun beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi sarang lebah antara lain adalah:

  • Anti jamur, Virus, maupun Bakteri Dalam Tubuh

Kandungan bioflavonoid dalam sarang lebah dapat membantu tubuh untuk menangkal pertumbuhan mikroorganisme seperti virus, jamur, maupun bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Kandungan tersebut sangat sensitive terhadap beberapa jenis virus seperti StaphyyococcusStreptococcus, E. Coli, virus influenza, Herpes, H.Pilori, serta Salmonella typhosa.

  • Sumber Antioksidan Alami

Sarang lebah juga bertindak sebagai antioksidan alami yang dapat membantu tubuh dalam melawan serta menetralkan radikal bebas yang dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti tumor, kanker, penyakit jantung, stroke, atherosclerosis dan berbagai jenis penyakit lainnya.

  • Meningkatkan Sistem Immune

Kandungan biovlafonoid pada sarang lebah mampu mendorong  aktivitas sistem imuune dalam tubuh sehingga mampu menangkal berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, maupun mikroorganisme lainnya, seperti cirrhosis hepatitis, diabetes, gangguan saluran pernafasan, dan lain sebagainya.

  • Sebagai Antiperadangan

Mengkonsumsi sarang lebah (propolis) dapat membantu menimalisir pengeluaran hormone yang dapat menyebabkan reaksi terhadap peradangan atau yang biasa disebut sebagai prostaglandine. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita rheumatoid arthritis seperti radang sendi maupun asam urat, penyakit nefritis, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

  • Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat lebah lainnya adalah terdapat kandungan nutrisi yang terdapat dalam sarang lebah dipercaya mampu menangkal pertumbuhan bakteri helicobakter pylory yang merupakan bakteri penyebab timbulnya peradangan lapisan lambung seperti maag, ulcus lambung, dan lain sebagainya.

  • Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin C yang terdapat pada sarang lebah dapat membantu proses pertumbuhan jaringan baru dalam tubuh, sehingga sangat baik jika dalam proses perawatan maupun penyembuhan luka.

  • Penangkal Stress

Kandungan nutrisi dalam sarang lebah juga sangat baik untuk membantu menekan saraf-saraf pada otak sehingga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, tenang, eserta dapat menekan rasa takut.

 

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Udang Step by Step Secara Tepat dan Benar

  1. Manfaat dari Lebahnya Sendiri

Selain sebagai penghasil madu yang mempunyai berbagai macam kahsaiat, lebah juga memiliki fungsi atau manfaat lainnya seperti:

  • Membantu Mempercepat Pneyerbukan Tanaman

Proses penyerbukan merupakan salah satu bagian utama pada proses reproduksi tumbuh-tumbuhan berbiji. Penyerbukan adalah proses dimana serbuk sari jatuh pada permukaan putik yang dapat menghasilkan buluh serbuk yang nantinya akan membantu pada proses pembuahan. Fungsi lebah madu dalam proses ini adalah dengan membantu menyebarkan serbuk sari pada bunga-bunga tersebut.

  • Sebagai Terapi Kesehatan

Manfaat lebah juga dapat memberikan efek pengobatan melalui sengatannya. Racun yang dihasilkan dari sengatan tersebut dapat diberikan sebagai terapi untuk berbagai jenis penyakit seperti rheumatoid arthritis, nyeri saraf (neuralgia), multiple sclerosis (MS), mengurangi reaksi terhadap sengatan lebah pada orang yang alergi (desensitisasi), pembengkakan pada tendon  (tendonitis),  serta kondisi otot seperti fibromyositis dan enthesitis.

Selain mengobati beberapa penyakit diatas, terapi sengatan lebah juga dapat membantu dalam pengobatan penyakit HIV AIDS. Cara kerja sengatan ini antara lain adalah dengan cara memecah cangkang virus penyebab penyakit lalu membunuh atau menghancurkan virus tersebut.

  1. Manfaat dari Madunya

Manfaat lebah lainnya ada pada madu merupakan salah satu bentuk yang dihasilkan oleh lebah. Kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya telah banyak membawa manfaat sejak berabad-abad lamanya. Adapun manfaat madu tersebut antara lian adalah:

  • Sebagai Anti-alergi

Dari hasil penelitian menurut Dr. Matthew Brennecke, seorang  dokter naturopati di Fort Collins, Colorado menyatakan bahwa madu merupakan vaksin alami yang dapat memicu respon immune yang dapat menghasilkan antibodi untuk menangkal terjadinya alergi dalam tubuh. Selain itu, efek anti-inflamasi yang terdapat dalam madu juga memiliki kemampuan untuk menenangkan batuk serta dapat mengurangi gejala alergi musiman.

  • Sebagai Sumber Energi

Dalam setiap sendok madu terdapat sekitar 17 gram karbohidrat yang nantinya akan diproses menjadi  fruktosa serta glukosa yang langsung dapat diserap oleh darah untuk dapat memberikan dorongan energi dengan cepat. Kenaikan gula darah bertindak sebagai sumber energi jangka pendek untuk menghasilkan daya tahan lebih lama.

  • Meningkatkan Memori

Kandungan antioksidan yang terdapat pada madu dapat membantu mengatasi kerusakan sel dalam otak. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi sesendok madu setiap hari dapat meningkatkan memori pada wanita yang memasuki masa menopause serta dapat memberikan terapi alternatif untuk penurunan intelektual yang berhubungan dengan hormon. Selain itu, manfaat madu juga dapat membantu penyerapan kalsium yang sangat diperlukan organ otak.

  • Penekan Gangguan Batuk

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal pediatrick pada tahun 2012 menyatakan bahwa madu dapat dijadikan obat alternative untuk mengatasi gangguan pilek dan batuk. Cairan kental serta rasa manuis dalam madu dapat melindungi tenggorokan dari serangan batuk yaitu dengan memicu ujung saraf . Madu juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan bagian atas.

  • Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat lebah juga terdapat dalam madu memiliki sifat yang  mirip dengan gula, yaitu dapat menyebabkan kenaikan insulin dan melepaskan serotonin untuk meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan. Madu mengandung asam amino, termasuk tryptophan yang kemudian diubah menjadi serotonin dan kemudian ke melatonin.

Menurut Rene Ficek, ahli diet serta ahli gizi ahli gizi di Seattle Sutton Makan Sehat di Chicago, Illinois menyatakan bahwa tubuh mengubah serotonin ke melatonin, senyawa kimia yang dapat mengatur kualitas tidur.

  • Menghilangkan Ketombe

Menurut sebuah study yang diterbitkan European Journal of Medical Research pada tahun 2001 menyatakan bahwa  menerapkan madu yang telah diencerkan dengan air hangat pada daerah kulit kepala, dapat membantu mengatasi rasa gatal yang terjadi akibat timbulnya ketombe serta kerontokan pada rambut. Sifat antibakteri dan antijamur yang terdapat dalam madu juga dapat mengatasi gangguan dermatitis seboroik. Sifat anti-inflamasi dalam madu dapat mengatasi kemerahan dan rasa gatal-gatal pada kulit kepala.

  • Menyembuhkan luka bakar

Sifat  antibiotik alami yang terdapat dalam madu mampu dalam berbagai macam pengobatan baik internal maupun eksternal. Madu dapat digunakan sebagai pengobatan konvensional untuk luka dan luka bakar sebagai  desinfektan luka. Menurut Dr Diane Radford, seorang ahli onkologi bedah payudara di St Louis, Mo, mengatakan bahwa madu memiliki sifat antibakteri untuk penyembuhan luka.

  • Perawatan kecantikan

Madu adalah bahan dasar pembuatan kosmetik sejak bertahun-tahun lamanya. Selain teksturnya yang lembut, madu juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan, serta potasium. Kandungan nutrisi-nutrisi tersebut dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai macam produk kosmetik seperti pelembab, penyegar, maupun masker.

Sekian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Cara Budidaya Lebah Madu. Semoga artikel ini dapat berguna dan selalu bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *