Paduan Cara Budidaya Nilam Step by Step Hasil Maksimal

Cara Budidaya NilamKembali lagi bersama SuksesBudidaya, pada kesempatan kali kami akan membahas tanam nilam. Nilam merupakan tanaman yang banyak mengandung minyak atsiri, kandungan minyak atsiri dapat digunakan sebagai bahan pengobatan. Hal itulah yang menjadikan minyak nilam sebagai salah satu komoditas bahan eksport  dari negara Indonesia karena minyak nilam sangat diminati oleh penduduk seluruh  dunia.

Cara Budidaya Nilam

Cara budidaya nilam ternyata cukup sulit karena membutuhkan ketelitian serta perawatan yang maksimal. Saat ini banyak masyarakkat Indonesia berlomba-lomba untuk membudidayakan tanaman ini, namun masih banyak yang kurang mengetahui tahap-tahap menanam nilam yang benar. Anda tidak perlu khawatir disini kami akan membahas budidaya nilam secara terperinci.  Sebelum masuk ketopik utama artikel ini ada baiknya anda mengetahui kategori nilam yang dapat dibudidayakan di Negara Indonesia.

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Kurma Step by Step 

 

Kategori atau Jenis Nilam

Ada 3 kategori Tanaman nilam  yang terdapat di Indonesia yang dapat dibudidayakan, mari kita simak ketiga tanaman nilam yang dapt dibudidayakan tersebut :

  • Pogostemon Heyneanus

 

Nama lain dari Pogostemon Heyneanus yakni Nilam Jawa atau  nilam hutan.  Nilam jawa ini mempunyai pebedaan dengan nilam yang lainnya, perbedaan tersebut dapat dilihat dari bunga yang dihasilkannya. Nilam jawa memiliki bunga yang dapat memengaruhi terhadap kandungan minyak lebih rendah dibandingkan dengan nilam yang lainnya sehingga nilam jawa kurang laku di pasaran.

  • Pogostemon Cablin Benth

 

Pogeostemon Cablin Benth mempunyai nama lain yakni nilam aceh. Nilam aceh ini banyak diminati oleh masyarakat karena mengandung minyak nilam yang sangat tinggi sehingga nilam inisangat  laku dipasaran. Orang-orang saat ini sedang berlomba-lomba untuk membudidayakan jenis nilam aceh ini yang akan bayak kandungan minyak didalamnnya. Nilam aceh ini dapat dijamin kualitas minyaknya serta dapat menjadi lading bisnis yang menjanjikan.

  • Pogostemon Hortensis

 

Pogostemon Hotensis dapat disebut juga dengan nilam sabun. Dimana nilam ini sering digunakan sebagai bahan pencuci pakaian sehingga jenis nilam seperti ini kurang diminati di kalangan masyarakat serta kurang laku di pasaran.

 

Syarat Tumbuh Nilam 

Nilam merupakan  tanaman yang  baik dibudidayakan pada ketinggian 0 sampai 1.200 mdpl, namun untuk meningkatkan hasil panen nilam lebih baik budidaya dilakukan pada daerah yang memiliki ketinggian 10 sampai 400 mdpl.

Selain ketinggian lokasi curah hujan juga termaksud faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil budidaya nilam nantinya, nilam sebaiknya dibudidayakan pada daerah yang memilki curah hujan 2.300 hingga 3.000 mm pertahun dan suhu udara mencapai 24 sampai 28 derajat celcius.

tingkat kelembaban tanah dan ph atau kadar tanah ternyata dapat mempengaruhi produktifitas budidaya nilam yang anda lakukan, tingkat kelembaban tanah yang baik untuk nilam mencapai 75 % serta kadar keasaman 5,5 sampai 7.

Artikel Terkait Tahap-tahap Cara Menanam Lombok Buah Berkualitas Unggulan

 

Cara Budidaya Nilam Kualitas Terbaik

Tanaman ini memiliki nama latin fogostoinen patchouli dan merupakan salah satu tanaman yang sering ditemui di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Cara budidaya nilam sebaiknya dilakukan dengan benar dan efektif agar memberikan hasil yang sesuai harapan dan tentunya menguntungkan. Apabila anda berniat melakukan budidaya nilam dan tahap-tahap yang dilakukan sudah benar maka kata untung tidak akan pergi kemana-mana sehingga dapat membantu perekonomian petani yang membudidayakan nilam. Berikut ini tahap-tahap menanam nilam dengan benar yaitu :

1. Tahap Mempersiapkan Bibit Nilam

Didalam Cara budidaya nilam yang paling utama yaitu mempersiapkan bibit nilam terlebih dahulu. Bibit nilam  yang akan di tanam haruslah berumur 6-7 bulan setelah panen. Ada beberapa catatan yang harus anda persiapkan  sebelum menanam bibit nilam di polybag yaitu tanah yang subur, pasir, sekam, pupuk kandang, insektisida,Selain itu anda harus mempersiapkan bahan baku seperti bambu dan atap pelindung dari panas serta hujan. Selain itu anda juga perlu mempersiapkan bahan baku polybag sebagai media penempatann bibit nilam.

 

Cara Budidaya Nilam

 

Berikut cara penyemaian bibit nilam yaitu :

Tahap Pertama

  • . Bibit setek dipotong sekitar 15-18 cm.
  • Kemudian setek langsung ditancapkan ke dalam polibag yang sudah diisi dengan media tanam.
  • Media tanam terdiri dari campuran 100 kg tanah, 125 kg seism, 25 kg pasir, dan 100 kg pupuk kandang.
  • Campurkantanah,seism,pasir dan pupuk kandang tersebut .lalu didiamkan selama 1-2 hari.
  • Pemeliharaan bibit dalam pohlag ini dilakukan sampai berumur maksimal dalam jangka waktu 2 bulan.
  • Selanjutnya,bibit dapat dipindahkan ke lahan perkebunan.
  • Jumlah media tanam campuran tersebut digunakan untuk 26.000 polibag

Tahap Kedua

  • bibit setek dipotong dengan panjang sekitar 12 cm-15 cm.
  • Setelah itu, bibit direndam dalam pupuk cair organik perangsang akar tanaman selama 5 menit.
  • Lalu bibit diikat dalam satuan 50 atau 100 batang
  • Kemudian disimpan di tempat yang sejuk selama jangka waktu 15 hari.
  • Saat akar serabut dan daun sudah muncul maka setek dipindahkan ke dalam polibag yang dilubangi sebanyak 2 atau 3 lubang untuk menghindari adanya gesekan dengan akar yang sudah hidup.

 

2. Tahap Mengolah Tanah

Tahap mengolah tanah termasuk tahapan paling penting dalam cara budidaya nilam. Tahapan ini sangat menentukan perkembagan serta pertumbuhan tanaman nilam. Jika dalam melakukan kegitan pengolahan tanah tidak maksimal maka perkembangan nilam akan lambat bahkan tanaman nilam akan mati. Berikut cara pengolahan tanah secara baik diantaranya :

  • Proses yang pertama yakni mengemburkan tanah, anda dapat mengemburkan tanah dengan meggunakan cangkul maupun mesin traktor.
  • Galihlah tanah dengan kedalaman 30 cm
  • Lalu, diamkan selama jangka waktu 3-4 hari agar terjadi proses penguapan dari tanah yang telah diolah.
  • sebaiknya tanah yang telah gemburkan dibuat bedeng dengan lebar sekitar 3,2 m dengan panjang disesuaikan luas areal tanah.
  • Setiap bedeng diberi jarak selebar 30 cm sebagai penampung saluran air sekaligus sebagai sarana jalan untuk mengontrol tanaman dengan kedalaman sekitar 15-25 cm.
  • Buat setiap bedeng dengan 3 lobang dengan jarak 80 cm untuk menampung bibit polybag .Jarak lubang dari tepi saluran masing-masing 30 cm.
  • Buat lubang untuk bibit tanaman tersebut dengan diameter 12-15 cm atau sesuaikan ukurang polybag.
  • Kemudian lubang diberi pupuk kandang sebanyak 0,00769 kg atau sekitar 2 sendok makan.
  • Setelah itu, lubang didiamkan selama 2-3 hari.
  • Selanjutnya, proses penanaman bibit dapat dilakukan.
3. Tahap Menanam Bibit Nilam

Cara Budidaya Nilam selanjutnya adalah tahapan menanam bibit nilam. Sebelum melangkah ke tahapan ini ada beberapa catatan yang harus dipenuhi supaya meghasilkan hasil yang maksimal sesuai harapan dan pola budidaya. Mari kita simak beberapa catatan yang harus di penuhi sebelum menanam bibit nilam sebagai berikut :

  • Iklim

Iklim sangat mempengaruhi kepada pertumbuhan serta perkembangan tanaman nilam.Dalam menanam tanaman nilam sebaiknya di tanam didaerah yang kodisinya ideal.Yaitu berada pada suhu sekitar 22-28 Derajat Celcius.Tingkat intensitas curah hujan haruspada posisi 2500-3500 serta turun merata sepanjang tahun.tingkat kelembapan udara harus diatas 75%.

 

  • Tanah

Tanaman nilam dapat ditanami serta tumbuh pada kontur tanah seperti tanah datar, miring, berbukit serta terjal. Namun kondisi tanah yang harus dianjurkan subur,gembur, serta akan kaya kandungan bahan organic supaya memberikan hasil yang sangat optimal.

Selain itu, ketinggian tempat dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman nilam, ketinggian tempat yang telah dianjurkan yaitu 10-400 m dpl.Tanaman nilam masih dapat ditanami sampai batas ketinggian 700 m dpl.

Sementara pada ketinggian 700-2000 m dpl, nilam masih dapat tumbuh,tetapihasilnya kurang bagus.Tingkat Keasaman tanah (pH) yang idealnya sekitar 5,5-6,5 dan tidak boleh tergenang air. Agar tidak tergenang, lahan sebaiknya dibuat bedeng agar kondisi tingkat kelembapan tanah mudah dikendalikan Tanah hat kurang diperkenankan, sedangkan pasir dan tanah berkapur tidak diperkenankan.

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Nanas Step by Step Buah Berkualitas Unggulan

Proses Penanaman Nilam 

Pada tahap Cara menanam nilam kali ini terdapat 2 metode atau cara yang bisa anda lakukan yaitu penanaman secara langsung dan penanaman secara tidak langsung. Kedua cara berikut ini memiliki keunggulan tersendiri jadi anda dapat memilih salah satunya atau bisa juga menggunakan 2 metode ini, berikut cara penanaman nilam yang dapat anda lakukan yaitu :

  • Penanaman Secara Langsung

Metode penanaman langsung dapat dilakukan melalui hasil bibit stek yang dipetik langsung dari  lahan perkebunan. Setiap lubang dapat ditanami 2-3 stek bibit, metode ini membutuhkan bibit stek yang lebih banyak dan persentase kematiannya lebih tinggi.

  • Penanaman Secara Tidak Langsung

Metode penanaman secara tidak langsung bibit nilam yang akan ditanam telah melalui uji proses pembibitan yang maksimal. Bibit tanaman nilam sudah dipersiapkan selama 6-8 minggu sebelumnya dan akan ke lahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Bibit yang digunakan pada cara ini melalui proses pesemaian atau pembibitan terlebih dahulu, tujuan dilakukan penyemaian agar bibit dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan memperoleh perawatan yang maksimal sehingga tingkat kesuksesan budidaya lebih tinggi dibandingkan metode penanaman langsung.

 

4. Tahap Memelihara Tanaman Nilam

Kalo sebelumnya kami menjelaskan proses penanaman, ditahap cara menanam nilam selanjutnya adalah pemeliharaan atau perawatan. Tujuan tentu untuk memaksimal baik itu pertumbuhan maupun hasil panen nantinya, berikut ini beberapa cara perawatan atau pemeliharaan nilam yang bisa anda lakukan yaitu :

Cara Menanam Nilam 

  • Tahap Pemupukan

Salah satu tahap penting didalam Cara Budidaya Nilam adalah pemupukan, sebab pemupukan bertujuan agar kesuburan tanah dapat terjaga,j ika kesuburan tanah tejaga maka pertumbuhan nilam akan semakin maksimal. Sebaiknya dalam pemupukan harus disesuaikan dengan tepat baik jenis pupuk,  jumlah pupuk , waktu pemupukan dan cara pemupukan.

  • Tahap Penyulaman

Tahap penyulaman bertujuan untuk menggantikan tanaman mati atau layu dengan tanaman yang baru, namun penyulaman hanya dapat dilakukan pada tanaman yang berumur kurang dari 1 minggu.

  • Tahap Penyiangan

Kegiatan Penyiangan dapat dilakukan setelah tanaman berumur sekitar 2 bulan, selain itu saat melakukan kegiatan penyiangan harus dapat menentukan ketinggian tanaman nilam, ketingian tersebut kira-kira mencapai 20-30 cm  dan cabang bertingkat dengan radius 20 cm. kegiatan penyiangan dapat dilakukan dengan 2 metode yakni secara mekanis dan kimiawi.

  • Tahap Pemangkasan

Kegiatan pemangkasan biasanya dilakukan setelah tanaman nilam berumur 3 bulan, yaitu setelah terbentuk perdu yang saling menutupi satu sama lain di antara tanaman nilam.

Pemangkasan dilakukan pada cabang yang sudah tingkat tiga ke atas. Kegitan pemagkasan ini bertujuan supaya dapat mencegah dari serangan hama yang akan menghampiri tanaman nilam.Selain itu kegiatan pemangkasan juga dapat memberikan ruang gerak lebih luas terhadap tanaman.

  • Tahap Pembumbunan

Kegiatan pembumbunan dapat dilakukan setelahmelakukan proses pemanenan selesai. Cabang-cabang dan dahan serta ranting yang ditinggalkan sesudah melakukan proses pemanenan yang letaknya dekat dengan tanah ditimbun setinggi 10-15 cm. Cabang yang letaknya jauh dari tanah dipatahkan bagian ujungnya (tidak terputus dari batang) dan bagian dari batang patah ditimbun dengan tanah.

 

5. Tahap Panen Nilam

Untuk cara menanam nilam yang terakhir adalah panen dan pasca panen, pada proses ini hal yang perlu diperhatikan adalah waktu pemanenan karena panen yang dilakukan dengan tepat akan memberikan hasil yang maksimal sehingga nilai jual akan tinggi.

Cara Budidaya Nilam 

Panen nilam dilakukan beberapa tahap, tahap pertama dapat dilakukan pada tanaman nilam yang berumur 4 sampai 6 bulan. Setelah panen pertama selesai, anda dapat melakukan panen kedua dengan umur nilam 2sampai 6 bulan setelah panen pertama.

Cara panen nilam adalah memotong atau memangkas tanaman nilam dengan ketinggian 15-30 cm diatas tanah dan tinggal satu atau dua cabang untuk merangsang pertumbuhan berikutnya. Usahakan untuk melakukan panen pada pagi atau sore hari, karena jika panen dilakukan pada siang hari hasil minyak dari nilam akan berkurang karena tanaman sedang melakukan proses fotosintes.

Manfaat Nilam Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

 

  1. Menyembuhkan Sakit kepala

Tanaman nilam yang akan kaya kandungan didalamnya dapat mengatasi maupun menyembuhkan sakit kepala terutama migrane.Caranya anda cukup merebus daun nilam samapai mendidih airnya.

  1. Menyembuhkan Penyakit Disentri

Gejala yang sering ditandai dengan munculnya mual, diare, muntah, demam, ataupun kram perut.Solusi terbaik untuk mengobati secara tradisonal yakni dengan mengkonsumsi, cara mengkonsumsinya pun cukup muda yaitu anda cukup dengan merebus daun nilam kering dan mengambil hasil rebusan  air lalu minum layaknya kita mengonsumsi teh.

  1. Menghilangkan Bau Biang Keringat

Jika anda yang mempunyai bau keringat yang terlalu menyengat,tentu anda tidak akan percaya diri saat mendekati pasangan anda bukan? Anda tidak perlu khawatir lagi,ternyata daun nilam ini dapat menghilangkan bau keringat pada badan anda. Caranya anda cukup merebus daun nilam ini dengan air 10 liter kemudian campurkan dengan air dingin supaya hangat. Setelah itu,air itu buat mandi.mudah bukan? Dengan cara itu anda tidak perlu mengeluarkan dana banyak untuk membeli parfum.

  1. Mengatasi Diare

Penyakit diare sungguh menganggu aktivitas pada saat kegitan mendesak seperti saat akan melakukan ketemu klaen? Namun penyakit diare dapat diobati secara alami,anda cukup dengan mengkonsumsi rebusan daun nilam secara teratur.Manfaat daun nilam tidak kalah dengan obat-obatan kimia,bahkan rebusan daun nilam lebih baik karena tidak mengandung bahan kimia.

 

Sekian informasi dari kami mengenai Cara Budidaya Nilam, semoga dengan adanya artikel ini semua masalah yang sering dialami petani nilam dapat diatasi dan produktifitas nilam dapat meningkat setiap tahunnya. Kami SuksesBudidaya mengucapkan terima kasih atas perhatian, sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *