Panduan Cara Budidaya Rangrang Step by Step Berkualitas

Cara Budidaya Rangrang –  Semut rangrang atau yang lebih dikenal di kalangan masyarakat yaitu semut kroto, semut kroto yang biasanya dijadikan sebagai pakan untuk burung kicauan seperti jalak bali, Seseorang yang mempunyai hobi hewan pemeliharaan burung kicaun otomatis seseorang akan mencari semut rangrang sebagai bahan pakan untuk burung kicauannya.

Oleh karena itu semut rangrang merupakan salah satu hewan yang sangat dicari oleh pecinta burung kicau, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan artikel mengenai cara budidaya semut rangrang yaitu :

Pembagian Di dalam Koloni Semut

  • Ratu semut, merupakan penghasil telur semut. Ratu semut mampu menghasilkan telur samapi ribuan butir telur dalam sekali bertelur. Bentuk badan sang ratu semut mempunyai ukuran yang lebih besar dari semut yang lainnya. Sifat sang ratu semut sering menghabiskan waktunya di dalam sarangnya.
  • Semut pejantan, merupakan semut yang berperan untuk mengawini sang ratu semut. Semut pejantan memiliki ukuran bentuk tubuh lebih kecil dari sang ratu. Semut pejantan mudah mati karena setelah mengawini sang ratu semut.
  • Semut pekerja, merupakan bagian penting dalam koloni semut sebab peran semut pekerja yaitu sebagai pembantu semut muda yang telah dihasilkan oleh sang ratu semut. Semut betina yang dihasilkan oleh sang ratu biasanya mandul. Semut Pekerja memiliki ukuran bentuk tubuh hanya berkisar 5-6 mm.Pada bulan-bulan seperti September, Oktober, dan November, biasanya semut jantan ini banyak bermunculan dalam sarangnya.
  • Semut prajurit merupakan bagian penting dari koloni semut sebab semut ini sangat berperan sebagai penjagaan serta melindungi seluruh koloni semut dari gangguan dan semut ini sebagai pengatur makanan seluruh koloni semut dalam satu musim.

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Ulat Hongkong Step by Step

 

Cara Budidaya Rangrang Secara Tepat dan Benar

Dalam Cara Budidaya Rangrang perlu anda ketahui ada beberapa tahapan yang harus anda kerjakan supaya budidaya semut rangrang anda dapat menguntung dari segi ekonomi maupun kualitasnya,mari kita simak dibawah ini satu per satu cara budidaya semut rangrang sebagai

  1. Persiapan Ruangan Rangrang

Pada saat melakukan persiapan ruangan untuk sang semut rangrang sebagai tempat berternak ada beberapa catatan yang harus anda perhatikan serta kondisi tempat yang harus dihindarkan seperti berikut ini :

  1. Kondisi tempat jangan sampai terkena langsung oleh sianr matahari secara keseringan.anda harus memberikan atap apabila cara budidaya semut rangrang anda dengan metode di alam bebas
  2. Jangan samapi kondisi tempat bersentuhan langsung sengan perabot lainnya.
  3. Buatlah susunan tempatnya dalam bentuk rak sebagai media ternak. Jangan sampai satu rak di tempati oleh banyak koloni sebab bertujuan menghindari terjadinya bertengkar oleh sesame koloni.
  4. Jangan smapai anak-anak mendekati tempat ternak.
  5. Pembuatan Rak Rangrang

Dalam pembuatan rak akan mempengaruhi hasil panen  dan proses perkembangan semut rangrang.maka anda harus membuatnya semaksimal mungkin agar apa yang anda inginkan dapat tercapai sesuain keinginanan. Jangan sekali-kali anda membuatnya secara asal-asalan,justru akan berdampak tidak baik akan pertumbuhan semut rangrang.Cara Budidaya semut rangrang haruslah membutuhkan tempat yaitu sebuah lemari yang sudah di modifikasi menjadi sebuah tatanan rak. Barikut Cara pembutan rak secara sederhana sebagai berikut :

 

  • Buatlah rak susun dua tingkat atau lebih. Bahan baku Rak dapat dibuat dari bambu, besi atau kayu. Ukuran rak diseuaikan dengan kondisi tempat yang telah anda sediakan
  • Taruh sebuah wadah plastic yang berisi air agar untuk mencegah semut rangrang keluar dari rak. Selain itu,Anda juga dapat mengisikan pada wadah plastic dengan cairan oli.
  • Jangan sampai rak menempel oleh sebuah dinding sebab semut rangrang akan kabur merambat melalui dinding dan akan membuat sarang di tempat lain.

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Udang Vaname Step by Step

3.Persiapan kandang Ternak Tangkar

Menyediakan serta mempersiapkan kandang ternak tangkar sama seperti halnya dalam mempersiapkan tempay rak. Anda dapat membuatnya dengan bentuk lemari yang di modifikasi menjadi tatanan seperti rak.Dalam pembuatan rak utamakan kulitas serta kuatitas agar dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.Bagaimana Cara Buddaya Semut Rangrang dengan hasil yang maksimal? Terutama anda harus memperhatikan catatan dibawah ini seperti berikut ini :

  • Bukan area lalu lintas penghuni rumah
  • Bersih dari benda-benda lainnya
  • Terlindung dari terik matahari secara lansung,
  • Terlindung dari guyuran air hujan,

Hindari Rangrang dekat dengan perabotan

Jangan sampai si semut rangrang dapat menjangkau perbot lain supaya tidak dapat melarikan diri dari sangkarnya. Jarak rak dengan perabaot lainnya minimal satu jengkal.

 

Hidaridari Keributan serta Kebisingan

Jangan membuat keributan disekitar rak karena akan menyebabkan pengaruh terhadap adaptasi serta perkembangan si semut rangrang. Selain itu,Hindarkan si anak untuk mendekati rak seb jika si anak menumpahkan satu toples akan membahayakan kondisi si anak tersebut.

 

  1. Pembuatan Wadah Budidaya

Dalam pembuatan tempat untuk budidaya semut rangrang tergantung keinginanan anda sendiri Tetapi disini ada bebrapa yang dapat anda pilih bagaimana cara budidaya semut rangrang dengan menggunakan beberapa metode Mari kita simak bebrapa metode yang saya tampilkan di bawah ini seberti berikut :

Cara Budidaya Rangrang dengan media menggunakan Peralon

Membudidayakan semut rangrang dengan metode menggunakan peralon merupakan hal cara yang paling baik serta mudah sebab dari bahan peralon memiliki banyak kelibihan yaitu diantaranya peralok memiliki sifat tidak mudah rusak artinya bahan peralon memilikai ketahanan di bandingkan dengan metode yang lainnya. Cara Budidaya Rangrang menggunakan bahan peralon dapat tahan mencapai waktu dalam 10 tahun.paralonmempunyai sifat kedap cahaya sehingga cocok untuk budidaya semut rangrang yang hanya membutuhkan cahaya sedikit, paralon termasuk bahan yang mudah dicari, dan potongan paralon juga lebih mudah disusun.

 

Cara Budidaya Rangrang dengan metode Peralon, perlu anda ketahui ada beberapa tahapan pembuatan kandang budidaya semut rangrang dengan menggunakan peralon :

  • Siapkan paralon dengan ukuran berdiameter 12 cm
  • Potong peralon sesuai panjang dan lebar rak dan potong sesuai kebutuhan.
  • Susun paralon dalam rak
  • Masukkan beberapa dedaunan supaya dapat merangsang semut rangrang membuat sangkar didalam peralon.
  • Tebarkan bibit koloni semut ke dalam paralon tersebut

Kelebihan:

  • Media paralon sangat mudah untuk didapatkan, karena banyak yang jual,
  • Kerapian terjamin,
  • Media lebih awet, dan
  • Lebih menampung banyak.

Kelemahan:

  • Sulit melakukan panen,
  • Pengemasan bibit sangat sulit dilakukan,
  • Lebih susah dalam mengamati pertumbuhan dan perkembangan kroto.

 

Cara Budidaya Rangrang dengan media menggunakan Bambu

Ternak semut rangrang dengan media bambu terbilang cukup ekonomis.cara pembuatan kandang menggunakan bambu sama seperti menggunakan paralon. Pilih bambu minimal diameter 7 cm dan potong sekitar 40 cm, buat lubang di dalamnya jika bambu belum berlubang. Kelemahan menggunakan media bambu adalah bibit semut lama beradaptasi dan akan menghasilkan kroto kecil-kecil.

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Cacing Tanah Step by Step

Cara Budidaya Rangrang dengan Media menggunakan Toples

 

Dalam Cara Budidaya Rangrang anda juga dapat memakai metode dengan menggunakan media Toples.Cara Budidaya semuat rangrang menggunakan toples cukup mudah.Anda Cukup menggunakan toples yang tembus pandang mata manusia serta ukuran toples gunakan yang sedang sajaKemudian buat lubang dibawah toples agar dapat terjadianya pertukaran udara serta masuknya udara.

 

  1. Pemberian Pakan Rangrang

Cara Budidaya Rangrang tentu anda akan melalui tahap ini yakni pemberian pakan terhadap semut rangrang. Semut rangrang biasanya diberikan sebuah pakan  berupa nectar maupun air gula sebabkan semut rangrang menyukai hal yang sifatnya manis. Cara memberikan pakan semut rangrang cukup mudah , anda cukup meletakkan beberapa wadah kecil disekeliling kandang maupu rak semut rangrang. Selain itu, anda juga dapat memberikan pakan semut rangrang berupa jangkrik,ulang hongkong,maupun tulang ayam yang telah dihancurkan.

 

  1. Proses panen

Cara budidaya rangrang yang terakhir ini yakni tahap pemanen semut rangrang, tentu dalam melakukan kegitan ini tidak sembarangan orang untuk memanen semut rangrang.Perlu anda ketahui sifat semut ranrang ini sangat agresif jadi perlu tahapan yang benar dalam melakukannya.Perlu diperhatikan bahwa masa semut rangrang melakukan proses daur telur dari sebutir pasir hingga menjadi sebesar biji beras dan kemudian menjadi larva dan kemudian menjadi pupa, membutuhkan waktu 15-20 hari.

 

Manfaat Semut Rangrang Untuk Manusia

  1. Bio-kontrol Tanaman Buah

Petani sering memanfaatkan semut rangrang sebagai pembasmi ulat pengganggu dan seranggan hama. Maka semut ranrang sangat bermanfat bagi petani buah agar hasil panen petani buah memiliki kualitas buah yang maksimal baik.

  1. Sebagai Umpan Memancing

Banyak orang yang belum mengetahui ternyata telur semut rangrang dapat digunakan sebagai umpan untuk memancing. Anda yang hobinya memancing anda tidak bingung perlu lagi mencari untuk umpan memancing ,anda sekarang cukup menggunakan telur semut rangrang sebangai umpan memancing anda

  1. Mengurangi Tingkat Polusi Udara

Tidak hanya digunakan untuk umpan memancing, telur semut rangrang ternyata bisa mengurangi tingkat polusi udara.Hal ini tentu sangat berguna untuk lingkungan di sekitar kita.

  1. Membasmi Hama

Semut rangrang biasanya dimanfaatkan oleh para petani untuk membasmi hama yang menganggu tanamannya. Hal ini dikarenakan semut rangrang merupakan predator alami yang mampu mengusir hama tersebut. Jadi, sekarang jangan heran lagi kenapa para petani suka mencari pengepul semut rangrang atau bahkan mencarinya sendiri.Itulah alasannya, karena semut rangrang lebih murah meriah daripada pestisida lainnya.

  1. Mengurangi Penggunaan Peptisida Alami

Karena semut rangrang biasanya dijadikan sebagai pembasmi hama, itu akan berakibat semakin berkurangnya peptisida alami yang digunakan. Kalau sudah begini, kita bisa menjaga kelestarian lingkungan dengan baik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita mengambil peran dalam budi daya semut ini, bukan?Itu berarti kita juga ikut berperan dalam kelestarian lingkungan.

 

Demikian artikel dari kami mengenai Cara Budidaya Rangrang, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *