Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Puyuh Step by Step

Cara Budidaya Burung Puyuh – Jumpa kembali bersama kami dalam SuksesBudidaya, untuk pertemuan kali ini kami akan membahas tentang Cara Budidaya Burung Puyuh. Apa itu Burung Puyuh? Burung puyuh adalah salah satu jenis binatang unggas daratan yang mempunyai karakteristik dengan ukuran bentuk tubuhnya yang kecil namuk gemuk. Burung puyuh merupakan pengkonsumsi biji – bijian namun terkadang juga mengkonsumsi serangga dan memangsa binatang yang ukurannya lebih kecil dari tubunya.

 

Cara Budidaya Burung Puyuh

Karakteristik lingkungan hidup burung puyuh ini lebih suka bersarang di permukaan tanah dan mampu untuk lari serta terbang ke angkasa dengan kecepatan tinggi, tetapi dengan jangkauan jarak tempuh yang pendek. Terdapat beberapa species seperti burung puyuh jepang adalah migratori. Migratori mampu terbang pada jangkauan jarang tempuh yang jauh dan jenis migratori banyak di budidayakan dalam jumlah yang besar karena burung puyuh dari jepang ini nantinya akan dibudidayakan untuk diambil produksi telurnya.

 

Jenis – Jenis Buruh Puyuh

Jenis buruh puyuh yang ada di dunia ini sangat banyak sekali sebab puyuh merupakan salah satu hewan yang cepat berkemabang biak dan mudah beradaptasi pada lingkungan sekitar. Untuk jenis burung puyuh yang populer di dunia saat ini ada beberapa jenis, yaitu :

  • Puyuh Biasa
  • Puyuh Jepang
  • Puyuh Stubble
  • Puyuh Selandia Baru
  • Puyuh Hujan
  • Puyuh Harlequin
  • Puyuh Coklat
  • Puyuh Biru
  • Puyuh Biru Asia

Setelah mengetahui beberapa jenis burung puyuh diatas, namun dimana setiap negara mempunyai karakteristik untuk mengelola hasil dari puyuh mulai dari di ambil dagingnya hingga hasil telurnya untuk makanan menu saji di negara masing – masing. malahan dinegara jepang telur puyuh ini di sajikan bersama sushi yang dimakan mentah-mentah yang memiliki rasa yang unik. selain itu juga telur dan daging puyuh kerap di jadikan menu andalan di dalam burger atau campuran hotdog yang membuat variasi baru dalam makanan cepat saji.

Cara Budidaya Burung Puyuh bagi pemula bisa di katakan cukup mudah karena hampir sama dengan cara budidaya burng lainnya. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang mudah untuk di lakukan. Sebelum melangkah ke Cara Budidaya Burung Puyuh, anda perlu mengetahui terlebih dahulu kunci sukses budidaya burung puyuh. Berikut Tips Sukses Budidaya Burung Puyuh, yaitu :

 

Tips Sukses Budidaya Burung Puyuh

Berikut semua tahapan dalam cara budidaya burung puyuh yang dapat anda ketahui. Namun, tentunya ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memulai ternak puyuh, sebagai berikut :

  • Lokasi atau Tempat

Untuk lokasi atau tempat, tentunya akan memberikan damapak dalam budidaya burung puyuh ini.  Pilihlah lokasi yang strategis, mudah di jangkau dan selalu bisa di dapati sember air bersih.

  • Model Kandang

Untuk model kandang sendiri, ada banyak bentuk atau desain dari kandang burung puyuh yang bisa anda pilih dan beli di pasaran maupun membuatnya secara manual. Model kandang sebenarnya juga mempengaruhi dari proses keberhasilan budidaya, seperti kandang yang di desain mudah untuk di bersihkan, memiliki tingkat sterlilisaasi yang tinggi dan mudah untuk di kelola.

  • Suhu  Kandang

Untuk kondisi suhu dalam kandang, seringkali para peternak mengabaikan faktor yang satu ini. Padahal ini merupakan salah satu faktor penting dalam budidaya puyuh. Pastikan suhu kandang realtif stabil agar tidak menggangu pertumbuhan dari buyung puyuh.

Karena telur dari burung puyuh sendiri adalah salah satu yang sangat di cari dan di minati selain dari permintaan dari daging puyuh. Walaupun telur burung puyuh akan berukuran lebih kecil, namun sangat lezat, di gemari dan sangat banyak memiliki kandungan nutrisi. Inilah mengapa para masyarakat sangat menyukai untuk konsumsi telur puyuh walaupun bentuknya relatif lebih kecil dan lebih mahal.

 Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Budidaya Lebah Madu Step by Step

 Cara Budidaya Burung Puyuh Kualitas Unggulan

 

Berikut Cara Budidaya Buruh Puyuh dari persiapan hingga proses panen burung puyuh.

 

  1. Persiapan Kandang Puyuh

Cara Budidaya Burung Puyuh

Cara Budidaya Buruh Puyuh yang paling awal adalah persiapan kandang. Kandang ini yang nantinya akan menjadi tempat berlangsungnya untuk hidup bagi puyuh itu sendiri. Berikiut ini ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk pembuatan kandang burung puyuh, yaitu :

  • Pastikan kondisi kandang tidak terlalu lembab, dengan demikian aturlah posisi kandang tetap terkena sinar matahari.
  • Untuk Kelembapan kandang sebaiknya berkisar 30 – 80%
  • Pada siang hari, biasanya di perlukan tambahan penerangan kandang sekitar 25 – 40 Watt dan untuk malam hari 40 – 60 Watt
  • Untuk Kondisi suhu kandang idealnya pada kisaran 20 – 25 derajat Celcius

Untuk persiapan kandang puyuh atau tempat perawatan buruh puyuh pada umumnya terdapat 2 pilihan yang dapat anda terapkan oleh para peternak burung puyuh yaitu : Media Sangkar dan Media lanatai Sekam. Selain itu terdapat pembagian jenis –jenis kandang puyuh diantaranya adalah :

  • Kandang Untuk Pembibitan

Jenis kandang ini nantinya akan digunakan untuk proses pembibitan burung puyuh. Kandang ini mempunyai dampak langsung bagi performa dan produktivitas dari burung puyuh yang akan menghasilkan telur yang kualitasnya baik. Untuk ukuran besar atau kecilnya kandang dalam proses ini tentunya di pengaruhi oleh jumlah puyuh yang anda budidayakan nantinya.

  • Kandang Untuk Para Indukan

Seperti halnya kandang yang di pakai untuk proses pembibitan, jenis kandang para induk ini memiliki ukuran dan bentuk serta kebutuhan – kebutuhan dari segi peralatan yang akan sama tentunya. Sedangkan khusus untuk ukurannya atau lebarnya kandang, Anda tetap dapat menyesuaikan dengan ukuran kandang pembibitan atau bisa lebih besar.

  • Kandang Untuk Para Anak Burung Puyuh

Jenis kandang ini di guanakan untuk tempat hidup anak puyuh yang telah menetas dan berumur  satu hari hingga dua atau tiga minggu akan menggunakan jenis kandang ini. Kandang ini di buat khusus untuk memberikan  rasa panas yang cukup dan sesuai yang dibutuhkan oleh para anak – anak puyuh tersebut. Di dalam kandang ini biasanya akan di lengkapi dengan alat pemanas ruangan. Untuk memuat 90 hingga 100 ekor anak puyuh anda hanya memerlukan ukuran kandang dengan panjang 100 cm, tinggi 40 cm, lebar 100 cm dan tinggi kaki hingga 50 cm.

  • Kandang Untuk Pertubuhan Anak Puyuh

Ini adalah kandang yang biasanya berupa kawat ram atau kandang yang memiliki jenis yang sama dengan kandang yang di gunakan untuk para induk petelur. Biasanya anak anak puyuh yang berumur 3 hingga 6 minggu akan di pindahkan ke kandang ini begitu juga dengan anak puyuh yang berumur lebih dari 6 minggu.

 

  1. Pembibitan Burung Puyuh Unggulan

Cara Budidaya Burung Puyuh selanjutnya adalah Pembibitan burung puyuh. Dalam pemilihan indukan burung puyuh harus berkualitas baik atau unggulan. Karena bibit yang baik akan menentukan tingkat persentase keberhasilan dari budidaya burung puyuh anda sendiri.

Pemilihan bibit atau para indukan burung puyuh sendiri sebenarnya dapat di sesuaikan dengan berbagai tujuan dari pemeliharaannya , karena ada 3 tujuan utama dari budidaya puyuh ini yaitu :

  • Apabila anda melakukan budidaya burung puyuh untuk melakukan produksi daging, maka di pilih indukan puyuh betina dan jantan afkiran atau yang sudah tidak produktif lagi menghasilkan telur.
  • Apabila anda melakukan budidaya untuk pengoptimalan produksi telur yang di tetas atau pembibitan maka pilihlah puyuh betina yang sangat aktif dan baik dalam tingkat kualitas produksi telurnya dan para jantan yang tentunya akan sehat dan siap untuk membuahi para puyuh betina supaya bisa menetaskan telur yang berkualitas terbaik.
  • Apabila anda berusaha menerapkan produksi telur puyuh untuk konsumsi, maka pilih lah bibit atau indukan puyuh betina yang bebas dari berbagai penyakit bawaan dan sehat.

Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Budidaya Bebek Step by Step

  1. Perawatan Burung Puyuh

Setelah melaukan pemilihan indukan dan memilih jenis bibit yang unggulan, maka langkah selanjutnya yaitu proses perawatan burung puyuh. Untuk melakukan perawatan burung puyuh ini tidah terlalu rumit sama seperti halnya perawatan burung lainya. Berikut beberapa lankah untuk melakukan perawatan burung puyuh diantaranya adalah :

  • Perhatikan Sanitasi

Melakukan proses vaksinasi dan juga memelihara kebersihan atau sanitasi kandang adalah hal yang di perlukan dalam memelihara hewan apapun, termasuk burung puyuh. Tentunya anda tidak mengharapkan kerugian yang mendalam ketika melakukan budidaya burung puyuh bukan? Maka jagalah mereka dari berbagai penyakit dengan mengutamakan kebersihan tentunya.

  • Melakukan Kontrol Penyakit

Pengontrolan terhadap penyakit seharusnya sering di lakukan apabila anda mencurigai atau meilhat adanya berbagai tanda – tanda mencurigakan yang menandakan para burung puyuh sedang sakit atau tidak sehat. Konsultasikanlah keluhan – keluhan tersebut ke berbagai dokter hewan, dinas pertenakan atau kepada peternak burung puyuh lainnya.

  • Memberi Makanan Kepada Burung Puyuh

Supaya anda dapat menghasilkan hasil yang optimal dan maksimal maka anda juga harus memberikan pakan secara teratur supaya gizi dan nutrisi yang di butuhkan para burung puyuh akan tetap terpenuhi. Sedangkan pakan atau ransum yang biasa di sediakan untuk burung puyuh sebenarnya terbagi dalam berbagai jenis dan bentuk. Misalnya saja dalam bentuk tepung, remah – remah dan pallet. Sebab para burung puyuh sebenarnya memiliki sifat suka mematuk makanan kawannya atau menggangu sesama puyuh lainnya.

Makanan yang biasa di berikan kepada burung puyuh biasanya bergantung pada umur dari puyuh itu sendiri. Pada masa awal dari pertumbuhan atau biasa di sebut masa satrter, biasanya akan diberi pakan berbentuk tepung atau mass jika dibwah umur 3 minggu.Sedangkan pakan dalam bentuk butiran atau crumble biasanya akan di berikan apada puyuh yang berumur 3 minggu.

Andapun sebenarnya bisa meramu atau membuat makanan untuk para puyuh sendiri jika anda memang meiliki banyak pengalaman dan mengerti pada proses pencampuran makanan burung puyuh tersebut. Atau anda tentu saja bisa membeli makanan puyuh di toko – toko terdekat. Lakukanlah pemberian pakan dua kali sehari, ketika pagi dan juga ketika sore hari.

  1. Pemanenan Burung Puyuh

Cara Budidaya Burung Puyuh

Cara Budidaya Burung Puyuh yang terakhir adalah panen burung puyuh. Proses pemanenan dari budidaya burung puyuh adalah proses yang sangat di nanti – nantikan oleh semua para peternak buakan? Untuk proses pemanaenan burung puyuh akan terbagi 2 hasil, yaitu :

  • Hasil Utama

Untuk puyuh petelur dan tujuan utama dari budidaya burung petelur anda adalah untuk produksi telur maka akan terjadi proses panen telur yang sertiap hari akan bisa dipanen selagi masih ada masa produksi yang sedang berlangsung. Sedangkan jika tujuan utama anda adalah pembibitan maka anda akan panen setiap kali telur – telur berkualitas tersebut menetas. Dan tentu saja anda akan panen lagi setelah tidak bisa menghasil kan produksi telur lagi untuk panen daging puyuh.

  • Hasil Tambahan

Bulu – bulu para puyuh sebenarnya bisa di jadikan bahan baku untuk kerajinan tangan dan tentunya kotoran burung puyuh akan di jadikan sebagai bahan pupuk.

Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Budidaya Ayam Potong Step by Step

Manfaat Burung Puyuh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Berikut beberapa manfaat yang dapat digunakan oleh kesehatan tubuh manusia diantaranya adalah :

  1. Menjaga Kulaitas Kesehatan Mata

Kuning telur pada burung puyuh tidak hanya memiliki kandungan protein, namun kuning telur puyuh juga mempunyai kandungan lutein dan zeaksantin yang dapat menjaga kesehatan retina mata. Dari kedua kandungan tersebut melindungi mata dari mengatur sinar biru yang masuk kedalam mata. Karena sinar biru yang masuk kemata tanpa sebelumnya di filter terlebih dahulu dapat menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan mata.

Selain lutein dan zeaksantin, telur dan daging burung puyuh juga memiliki kandungan vitamin A. Meskipun kandungan vitamin A dalam burung piyuh tidak sebanyak yang dimiliki oleh wortel, namun tetap memiliki manfaat dan berpengaruh untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Menjaga Kondisi Kesehatan Kulit

Tidak hanya vitamin A dan B saja yang terkandung dalam burung puyuh, namun juga kandungan vitamin E. Sama halnya vitamin E dalam kandungan buah dan sayur, kandungan vitamin E pada daging burung puyuh dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin E pada daging telur puyuh juga bermanfaat utuk proses regenerasi kulit yang berlangsung setiap saatnya.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Daging burung puyuh memiliki kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya. Kedua zat ini bermanfaat untuk menjaga tulang agar tidak keropos dan terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis  yang disebabkan karena kekurangan kalsium dan fosfor.

  1. Mengatasi Gangguan Sistem Pernapasan

Dengan mengkonsumsi daging burung puyuh dapat mengatasi masalah pernapasan yang dialami. Beberapa masalah pernapasan yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi daging burung puyuh diantaranya yakni asma, tuberculosis, dan vegetative vascular dystrophy.

  1. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Dengan mengkonsumsi daging dan telur puyuh juga dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada beberapa jaringan tubuh. Protein yang terkandung dalam daging dan telur puyuh membantu pembentukan beberapa jaringan dan sel yang ada pada kuku, kulit, rambut dan membantu meningkatkan produksi hormon dan enzim yang ada di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daging burung puyuh yang dikonsumsi secara rutin, dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Peningkatan sistem imun ini berfungsi untuk mencegah tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, sistem imun yang baik dapat membasmi bakteri dan parasit yang masuk di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan protein pada daging dan telur burung puyuh dapat menekan kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, mengkonsumsi daging dan telur burung puyuh baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Memberikan Nutrisi Pada Otak

Telur burung puyuh memiliki kandungan kolin yang berperan untuk perkembangan fungsi otak. Kolin dalam telur burung puyuh juga membantu kinerja syaraf yang ada di otak untuk meningkatkan daya ingat. Dengan mengkonsumsi telur burung puyuh, daya ingat akan lebih baik dan tidak mudah lupa.

Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Budidaya Walet Rumahan Step by Step

  1. Mengatasi Anemia

Zat besi yang terkandung di dalam burung puyuh berfungsi untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Zat besi dapat membantu produksi hemoglobin serta sel darah merah yang dapat menagatasi kekurangan darah dalam tubuh.

  1. Sumber Energi

Burung puyuh juga memiliki kandungan vitamin B2 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi gula. Seperti yang telah diketahui bahwa gula sebagai bahan energi yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Mengatasi Permasalahan Sistem Pencernaan

Pencernaan memang salah satu organ yang sangat penting karena tempat penyerapan sari makanan untuk diikat darah dan dibawa keseluruh tubuh. Ketika sistem pencernaan terganggu, dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lainnya karena proses penyerapan sari makanan yang ada pada usus terganggu. Gangguan sistem pencernaan bisa disebabkan karena bakteri di dalamnya. Gangguan lain disebabkan karena adanya bisul pada usus, gastritis maupun bisul perut. Beberapa masalah tersbeut dapat diatasi dengan mengkonsumsi daging burung puyuh.

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun burung puyuh memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi burung puyuh,baik daging atau telur burung puyuh secara rutin dapat membantu menyehatkan tubuh dengan mengatasi dan menjaga kesehatan tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Cara Budidaya Burung Puyuh. Semoga apa yang kami sampai dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya khusus bagi yang berminat untuk membudidayakan burung puyuh. Trimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *