Panduan Lengkap Cara Budidaya Walet Rumahan Step by Step

Cara Budidaya Walet Rumahan – Walet merupakan burung pemangsa serangga yang biasanya meluncur dari atas menuju kebawah seperti pesawat luncur. Selain itu, walet mempunyai sifat setia artinya ia selalu balik ke sarangnya yang sama seberapa jauh ia mencari mangsa yang di carinya. Biasanya walet ini akan balik ke sarangnya pada waktu sore hari. Sebenarnya Cara Budidaya Walet Rumahan ini agak sulit, Namun karena sarang walet memiliki nilai jual yang tinggi membuat seseorang berlomba-lomba untuk membudidayakan walet.

 

Cara Budidaya Walet Rumahan

Walet merupakan salah satu burung yang hidupnya di alam tepatnya ditebing dekat dengan lautan. Dalam kegiatan membudidayakan walet saat ini, banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia, sebab walet memiliki nilai ekonomis yang begitu tinggi. Untuk menjadi pengusaha budidaya walet. Pada bisnis budidaya walet yang dapat menghasilkan uang atau di jual adalah sarang waletnya.

Sarang walet memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Burung walet merupakan sebuah burung yang memiliki bagian ekor yang panjang dnegan sayap yang meruncing dan bagian bawah tubuh bewarna coklat dan bagian atas bewarna hitam.

Collocalia vestita merupakan nama ilmiah untuk burung yang banyak hidup di daerah pantai ini. Sarang mereka adalah salah satu jenis sarang yang mereka buat menggunakan air liur. Burung walet akan selalu berada dalam koloninya dan jarang terpisah. Karena inilah saat anda mencoba memancing kawanan walet mereka akan datang bergerombol.

 Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Udang Step by Step Secara Tepat dan Benar

Cara Budidaya Walet Rumahan Kualitas Unggulan

 Berikut Cara Budidaya Walet Rumahan Kualitas Unggulan diantaranya adalah :

  1. Syarat Hidup Walet dan Habitat Lingkungan

Cara Budidaya Walet Rumahan pada umumnya tempat untuk budidaya walet harus jauh dari pemukiman penduduk dan keramaian  yang nantinya akan menjadi kelangsungan hidup bagi si walet ini. Walet dapat hidup pada ukuran suhu mencapai 24 hingga 26 derajat Celcius dan dengan kelembapan udara sekitar 80 hingga 95%. Untuk mengatur agar suhu dan kelembaban udara sesuai dengan tempat hidup alami burung walet, anda dapat melakukan beberapa hal diantaranya :

  • Membuat gorong – gorong kecil atau saluran air di dalam rumah walet
  • Melapisi plafon menggunakan sekam dengan ketebalan 20 centimeter
  • Membuat ventilasi berbentuk L dari pipa dengan jarak lima meter antar lubangnya dan pipa yang digunakan berdiameter 4 meter
  • Lubang masuk dan keluar burung walet diberi penangkal sinar yang menyerupai corong dan terbuat dari goni atau kain yang memiliki warna hitam sehingga kondisi di dalam gedung akan gelap.

 

  1. Tahap Persiapan Kandang Walet

Cara Budidaya Walet Rumahan

Cara Budidaya Walet Rumahan pada tahapan ini adalah persiapan kandang bagi walet itu sendiri. Biasanya walet di pancing dan di undang yang nantinya akan di pelihara di dalam sebuah gedung atau bangunan yang tidak di huni yang mempunyai beberapa banyak lubang. Lubang ini nantinya yang berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya walet untuk mencari makanan. Sebaiknya bagi anda yang berminat untuk membudidayakan walet, dalam mendirikan tempat budidaya walet agak jauh dari jangkauan rumah dan tempatnya harus dalam keadaan tinggi. Bagi anda yang belum mengetahui cara membuat kandang walet, tentunya anda jangan gelisah karena kami akan menyediakan bagaimana cara membuat kandang walet secara tepat dan benar.

Mari kita simak sejenak beberapa metode atau cara membuat kandang walet diantaranya :

  • Buatlah 1 pintu masuk untuk pemilik
  • Setiap lubang udara ditutup dengan kain jarang atau hitam
  • Pada Setiap sisinya kurang lebih ukuran 1 meter per 1 lobang, hal ini untuk memastikan oksigen dapat masuk ke dalam
  • Buatlah 1 jendela pada bagian lantai paling atas gedung untuk pintu masuk walet
  • Pada umumnya setiap gedung terdiri minimal 2 hingga 5 lantai, hal ini juga tergantung pada anda dan selera anda mau membuat berapa jumlah lantai.
  • Pada lantai bagian paling bawah dibuat seperti kolam dan diisi air.
  • Pada bagian luar gedung dibuat seperti parit keliling, hal ini dibuat dengan tujuan agar walet dapat minum dan mengatasi semut dan hewan lainnya yang ingin masuk ke gedung dan dapat memakan telur-telur walet
  • Pada bagian dalam gedung pasanglah speker kecil yang cukup banyak, lalu putarkan suara burung walet sepanjang harinya. Tujuanya supaya membuat walet merasa lebih berada pada habitatnya dan mengundang walet lainnya untuk tinggal bersamanya.

 

  1. Tahapan Pemilihan Bibit Walet

Tahapan selanjutnya dalam Cara Budidaya Walet Rumahan yaitu pemilihan bibit walet. Dalam melakukan pemilihan bibit walet, pilihlah bibit yang mempunyai kualitas baik dan secara fisik tidak cacat. Berhasilnya dalam budidaya walet tergantung bibit yang anda pilih. Apabila anda salah dalam pemilihan bibit walet tentunya hasil yang anda panen nantinya kurang melimpah dan bahkan akan menyebabkan budidaya walet anda gagal panen. Untuk mendapatkan bibit walet yang kualitasnya baik cukup mudah, anda cukup mencari indukan walet yang kealitasnya baik dan kemudian hasil telur indukan walet tersebut tentunya menghasilkan bibit walet yang berkualitas baik.

 

Ada 3 macam telur yang kamu bisa panen diantaranya :

  • Telur walet berwarna merah muda merupakan telur yang baru keluar. Telur walet ini berusia 0 – 5 hari.
  • Telur walet berwarna putih kemerahan ini telurnya sudah cukup lama mengalami proses penetasan induk. Telur Walet ini berusia 6 – 10 hari.
  • Telur walet berwarna putih pekat kehitaman ini sudah dekat dengan waktu untuk menetas. Telur walet ini berusia 11 – 15 hari.

Untuk memilih bibit telur yang dapat menghasilkan indukan burung walet yang baik nantinya, ada beberapa hal yang harus diketahui dalam pembibitannya. Yaitu sebagai berikut :

  • Seleksi telur dengan lampu 5 watt. Perhatikan ciri-cirinya apakah telur yang akan anda pilih bisa menetas atau tidak. Biasanya telur yang masih bagus urat-urat telur masih utuh, menyambung, dan tidak ada pergerakan meskipun sedikit.
  • Sedangkan telur yang jelek. Warna kuning telur terlihat bercampur dengan putih, tidak ada pergerakan, dan cenderung sudah hitam karena membusuk.
  • Kelihatan segar dan juga jangan dibiarkan menginap di perjalanan kecuali sudah anda simpan di mesin penetas

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Gurame Step by Step Kualitas Unggulan

  1. Tahapan Perawatan Walet

Pada anakan waelet yang baru menetas tentunya kondisinya masih kurang sehat dan belum mampu terbang seperti indukan walet. Pada umumnya para peternak walet rumahan tidak akan mengeluarkan anakan walet selama dalam waktu 2 hingga 3 hari awal dari mesin penetasan. Tetapi ukuran suhu mesin dapat di rendahkan dari 1 hingga 2 derajat Celcius, cara menurunkan suhunya yaitu dengan membuka ventilasi dari mesin penetasan.

  1. Tahapan Pemberian Pakan Walet

Cara Budidaya Walet Rumahan

Cara Budidaya Walet Rumahan ini dalam pemberian pakan sangatlah mudah. Anda dapat memberikan pakan alami berupa kumbang, rayap, nyamuk, lalat dan pakan lainnya. Semua anakan burung ini mengkonsumsi hewan serangga dan serangga yang mengandung ekstrak daging (protein), sereal dan biji-bijian (karbohidrat) dan mineral lainnya.

Dosis protein yang diberikan untuk walet harus mencapai 60%, 40% karbohidrat merupakan keseimbangan yang baik untuk diet mereka. Penting bahwa kita membuat burung memakan makanan alami mereka, jadi jangan lupa memberikan pakan bagi mereka berupa serangga dan ulat cincang juga.

  1. Hama dan Penyakit Walet

Cara Budidaya Walet Rumahan pada tahapan ini merupakan tahapan paling penting. Walet memiliki banyak hama yang mengganggu sehingga anda hrus memperhatikan benar keamanan gedung, beberapa hama walet diantaranya adalah :

  • Semut
  • Burung hantu atau elang dan pemakan burung kecil lainnya.
  • Kadal/tokek
  • Tikus
  • kecoa dan masih banyak lagi

Untuk penanganannya tentu berbeda beda tapi biasanya setiap peternak walet pasti memiliki senapan angin yang dipakai untuk menembak burung predator atau hanya untuk sekedar menakut nakutinya.

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Lele Bioflok Step by Step Kualitas Unggulan

  1. Tahapan Pemanenan Walet

Cara Budidaya Walet Rumahan

Sarang burung walet dapat dipanen bila keadaan sudah memungkinkan, perlu cara dan ketentuan tertentu agar hasil yang diperoleh bisa memenuhi mutu sarang walet yang baik. karena Jika terjadi kesalahan saat proses menanen akan berakibat fatal bagi burung walet itu sendiri. Ada kemungkinan burung walet merasa tergangggu dan pindah tempat. Untuk mencegah kemungkinan tersebut, para pemilik gedung perlu mengetahui teknik atau pola dan waktu pemanenan. Pola panen sarang burung dapat dilakukan oleh pengelola gedung walet dengan beberapa cara, yaitu:

  • Panen Rampasan

Cara ini dilaksanakan setelah sarang siap dipakai untuk bertelur, tetapi pasangan walet itu belum sempat bertelur. Cara ini mempunyai keuntungan yaitu jarak waktu panen cepat, kualitas sarang burung bagus dan total produksi sarang burung pertahun lebih banyak. Kelemahan cara ini tidak baik dalam pelestaraian burung wallet karena tidak ada peremajaan. Kondisinya lemah karena dipicu untuk terus menerus membuat sarang sehingga tidak ada waktu istirahat. Kualitas sarangnya pun merosot menjadi kecil dan tipis karena produksi air liur tidak mampu mengimbangi pemacuan waktu untuk membuat sarang dan bertelur..

  • Panen Buang Telur

Cara ini dilakukan setelah burung membuat sarang dan bertelur dua butir. Telur diambil dan dibuang kemudian sarangnya diambil. keuntungan panen ini yaitu dalam setahun dapat dilakukan panen hingga 4 kali dan mutu sarang yang dihasilkan pun baik karena sempurna dan tebal. Adapun kelemahannya yakni, tidak ada kesempatan bagi walet untuk menetaskan telurnya.

  • Panen Penetasan

Pada cara ini sarang dipanen ketika anak walet menetas dan sudah bisa terbang. Kelemahan nya adalah, mutu sarang rendah karena sudah mulai rusak dan dicemari oleh kotorannya. tapi keuntungannya adalah burung walet dapat berkembang biak dengan tenang dan aman sehingga polulasi burung dapat meningkat. panen ini paling cocok dilakukan pada awal awal untuk memperbanyak koloni dan memperbanyak sarang burung walet dan merupakan salah satu cara cepat meningkatkan populasi walet.

 

Setelah anda membaca Cara Budidaya Walet Rumahan Kualitas Unggulan, selanjutnya anda perlu mengetahu sedikit macam – macam burung walet.

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Walet Step by Step Berkulitas Unggulan

Macam – Macam Burung Walet

Walet merupakan jenis burung yang termasuk kedalam keluarga burung kolibri. Jenis burung ini masih satu golongan dengan burung layang – layang. Burung walet sendiri memiliki ciri ciri dengan sayapnya yang runcing, memiliki wana tubuh dengan warna coklat di bagian bawah tubuhnya. Burung ini juga memiliki ekor panjang dengan kebiasaannya yang menempel pada dinding tembok atau atap. Dikarenakan burung ini memiliki kaki yang sangat pendek, sehingga burung ini tidak dapat bertengger. Burung walet biasanya hidup dengan cara berkelompok dan membuat sarang yang dibuat  dari air liurnya sendiri . Sarang yang terbuat dari air liur walet inilah yang kemudian diambil dalam budidaya walet.

Terdapat beberapa jenis burung walet yang memiliki nilai ekonomi tinggi diantaranya :

  • Burung walet besar
  • Burung walet putih
  • Burung walet Sarang Hitam
  • Burung walet Gunung
  • Burung walet sarang semut
  • Burung walet Sapi

 

Manfaat Walet Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Negara China merupakan negara pertama yang mengkonsumsi air liur walet. Kejadian ini di tandai saat dinasti Yuan yang pada saat itu sedang mengambil air liur burung walet dari kalimantan. Pada saat itu hanya kaum elit yang dapat mengkonsumsi ai liur walet. Berikut ini beberapa alasan mengapa sejak itu banyak orang ingin mengkonsumsi air liur walet :

 

  • Air liur walet di percayai sebagai obat herbal untuk menetralisir semua racun yang ada pada dalam tubuh
  • Air liur di percayai sebagai sumber konsumsi yang penuh gizi dan baik untuk menjaga kesehatan kulit
  • Air liur walet di percayai sebagai obat terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru yang lebih aktif dala tubuh
  • Air liur di percayai dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan energi dalam kehidupan
  • Air liur walet di percayai dapat mejaga kesehatan paru-paru dan membuat umur panjang
  • Air liur walet Di percayai dapat menanggulangi berbagai jenis penyakit yang ada pada tubuh baik untuk anak-anak maupun dewasa.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kali ini mengenai Cara Budidaya Walet Rumahan. Semoga apa yang kami sampai berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya. Apabila anda yang berminat untuk membudidayakan walet di rumah, anda dapat membaca aritikel ini sebagai bahan ajar dalam membudidayakan walet. Terimakasih

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *