Panduan Cara Budidaya Udang Step by Step Secara Tepat dan Benar

Cara Budidaya Udang – Jumpa lagi bersama kami di SuksesBuidaya. Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan sebuah artikel mengenai Cara Budidaya Udang secara tepat dan Benar. Udang merupakan hewan yang hidup di perairan, khususnya pada sungai, laut, atau danau. Udang dapat di jumpai di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Bagi anda yang menggemari udang pastinya tahu dengan jenis udang yang satu ini, banyak sekali resto ataupun kedai yang menghidangkan udang jenis ini dalam menunya. Yaitu udang tambak, udang ini banyak dipilih karena selain ukurannya yang lebih besar daripada jenis udang air tawar lainnya udang ini juga memiliki cita rasa yang lebih enak.

 

Cara Budidaya Udang

Perpaduan rasa antara manis dan gurih jadi satu ketika kita mengunyah daging udang tambak yang lembut dan telah diolah menjadi berbagai macam menu masakan. Untuk pengolahannya pun sangatlah mudah dan sederhana.Udang dapat menjadi dewasa dan bertelur pada habitat air laut. Sedangkan pada udang betina dapat menghasilkan telur dalam jumlah besar yaitu sekitar 50 ribu hingga 1 juta telur, yang nantinya akan menetas setelah dalam waktu 24 jam berubah menjadi larva (Nauplius). Nauplius lalu bermertafosis untuk memasuki fase yang keduaa yaitu Zoae. Zoae nantinya akan memakan ganggang liar dan setelah beberapa hari kemudian akan bermertamorfosis lagi menjadi Mysis.

Mysis ini juga memakan ganggang dan zooplankton. Setelah dalam waktu 3 hingga 4 hari kemudian mereka akan bermertamorfosis untuk yang terakhir kalinya memasuki tahap pasca larva. Udang muda yang sudah memiliki ciri-ciri hewan dewasa. Seluruh proses memakan waktu sekitar 12 hari dari pertama kali menetas. Pada tahap ini, udang budidaya siap untuk diperdagangkan, dan disebut sebagai benur. Di alam liar, postlarvae kemudian bermigrasi ke estuari, yang sangat kaya akan nutrisi dan bersalinitas rendah.

Di sana mereka tumbuh dan kadang-kadang bermigrasi lagi ke perairan terbuka di mana mereka menjadi dewasa. Udang dewasa merupakan hewan bentik yang utamanya tinggal di dasar laut, udang masih kerabat jauh dari serangga seperti ulat bulu, kupu-kupu, cencorang dan lainnya.

 

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Gurame Step by Step Kualitas Unggulan

 

Cara Budidaya Udang Secara Tepat dan Benar

Berikut Cara Budidaya Udang secara tepat dan benar dari persiapan tempat sampai proses pemanenan udang.

1. Persiapan Tempat Budidaya Udang

Cara Budidaya Udang tahapan yang petama yaitu membuat tempat budidaya bagi si udang. Sebelum membuat tempat terlebih dahulu perhatikan lokasinya. Untuk mendirikan tempat budidaya idealnya yaitu pada lokasi dekat dengan pantai dan pemukiman penduduk, hal ini bertujuan agar mempermudah anda dalam engatur kondisi air dan kebutuhan air, pakan udang, kelistrikan serta kebutuhan lainnya. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana Cara Budidaya Udang dengan media tambak, disini kami akan memberikan beberapa tahapan dalam pembuatan media budidaya dengan menggunakan tambak. Mari kita simak budidaya udang dengan menggunakan media tambak sebagai berikut :

  • Pada proses pengairan, air yang digunakan untuk budidaya udang seabiknya menggunakai air  payau dengan suhu berkisar 26 derajat Celcius hingga 30 derajat Celcius dan pastikan salintas air mencapai 33 ppt
  • Pastikan kondisi lahan yang anda gunakan untuk budidaya udang dalam keadaan bersih dan bebas dari limbah berbahaya serta penyakit yang dapat menyerang bagi udang
  • Apabila kondisi tempat budidaya udang sudah di pastikan bersih, selanjutnya anda dapat membuat media seperti tambak – tambak kecil maupun berukuran besar. Dalam membuat media tambak sebaiknya jumlahnya lebih dari satu agar nantinya pada musim panen tiba dapat memanen lebih banyak dalam setahun.
  • Kemudian kegiatan yang harus dikerjakan adalah penggemburan tanah. Penggemburan tanah dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu cangkul sekalian mengukur pH tanahnya. Apabila pH tanahnya mengandung keasaman, anda cukup melakukan pengapuran samapi kondisi pH tanahnya normal dan netral
  • Setelah tanah di gemburkan dan kondisi pH tanahnya netral, maka biarkan tanah dalam waktu kurang lebih 3 hari atau hingga tanah menjadi gersang dan membentuk pecah – pecah.
  • Selanjutnya berikan pupuk organik yang sudah kering contohnya pupuk kandang dengan ketebalan 5 cm hingga 10 cm, tujuanya untuk mengembalikan kesuburan tanah dan setelah tanah di diamkan selama waktu 3 hari, anda baru dapat meemasukkan air ke dalam kolam tambak.
  • Pada waktu awal memasikkan air kedalam kolam tambak, ada catatan dalam pemasukan air yaitu masukkan air dengan ketinggian 10 cm hingga 25 cm dan diamkan selama 4 hingga 7 hari. Hal ini tujuannya agar plankton dapat tumbuh di dalam kolam. Plankton adalah pakan alami bagi udang sendiri. Anda dapat menambahkan ketinggian air hingga mencapai ukuran 80 cm pada media tambak.
2. Persiapan dan Penebaran Bibit Udang

Tahapan selanjutnya di dalam Cara Budidaya Udang  adalah mempersiapkan bibit udang. Dalam mendapatkan bibit udang ini cukuplah gampang, anda dapat mendapatkan bibit udang ini  dengan cara membeli langsung ke toko  perikanan ataupun di koperasi perikanan. Dalam pembelian bibit udang, pastikan bibit yang anda beli berkualitas baik artinya warna udang tidak pucat, aktif, sehat, dan secara fisik tidak cacat. Selain itu dalam penebaran bibit sebaiknya dilakukan secara tepat dan benar.

 

Cara Budidaya Udang

Berikut langkah dalam melakukan penebaran bibit secara tepat dan benar diantaranya adalah :

  • Untuk memudahkan anda dalam memnilih bibit udang ini, anda dapat melakukan tes kelayakan dalam budidaya udang anda sendiri.
  • Cara melakukan tes kelayakan bibit yang kualitasnya baik, anda cukup meletakkan sejumlah bibit udang ke dalam wadah yang berisi air. Kemudian aduklah air di dalam wadah tersebut ataupun dengan cara menggoyangkannya hingga air bergelombang. Jangan lupa perhatikan bibit udang tersebut, apabila bibit udang mampu bertahan saat menghadapi gejolak air tersebut hingga berhenti dan bibit udang masih dapat bergerak dengan aktif, maka udang ini termasuk kedalam kualitas yang unggulan.
  • Apabila bibit udang kualitasnya sudah terjamin dengan baik, tahapan selanjutnya adalah penebaran bibit udang. Dalam melakukan penebaran bibit udang cukuplah mudah.
  • Anda dapat melakukan penebaran bibit dengan cara merendam wadah plastik, pembungkus bibit di tambak terlebih dahulu  di diamkan selama 30 menit agr bibit udang dapat beradaptasi dengan lingkungannya dan bisa menyesuaikan suhu di dalam tambak . Pastikan suhu air di dalam pembungkus plastik dengan air tambak harus seimbang.
  • Selain dengan cara merendam, anda dapat melakukan dengan cara memercikkan sedikit air ke dalam wadah plastik agar bibit udang bisa menyesuaikan kadar garam yang  pada kolam selama dalam waktu 10 menit.
  • Selanjutnya goyangkan ssedikit wadah plastik supaya bibit udang dapat keluar dengan sendirinya menuju ke dasar tambak.
3. Pemeliharaan dan Proses Panen Udang

Setelah persiapan dan penebaran bibit udang sudah selesai, maka tahapan selanjutnya dalam Cara Budidaya Udang adalah pemeliharaan udang. Tahapan ini paling penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembang udang itu sendiri. Maka dalam pemeliharaan udang harus dilakukan secara tepat dan benar, agar nanti kedepannya saat musim panen tiba hasil yang anda dapatkan bisa maksimal dan keuntungan yang anda raih tentunya bisa melimpah. Dalam proses pemeliharaan ini tentunya anda juga memperhatikan kualitas pakan udang itu sendiri dan berikan pakan secara teratur dengan dosis ukuran normal. Selain itu perhatikan kualitas air tetap dalam kondisi bersih dan selalu terjaga serta bebas dari serangan penyakit. Jika ingin mendapatkan hasil panen yang nelinpah maka lakukan hal tersebut hingga musim panen tiba.

 

Cara Budidaya Udang

Disisni ada beberapa anjuran yang harus dilaksanakan diantaranya adalah :

  • Pada proses pemberian pakan, anda dapat memasang hapa dengan ukuran luas sesuai dengan perkembangan udang tambak
  • Pada penambahan air disaat air mulai kurang, anda dalam melakukan penambahan air harus dilakukan secara tepat dan baenar.
  • Sambil melakukan kegiatan penambahan air anda juga dapat menambahkan pupuk kandang untuk menyuburkan plankton yang ada pada dasar kolam yang nantinya dapat sebagai pengganti pakan buatan.
  • Selanjutnya jangan lupa berikan pakan terhadap udang budidaya anda, dalam pemberian pakan usahakan tepat waktu dan teratur. Hal ini sangat penting  sebab uadng memiliki sifat kanibalisme yang cukup tinggi.
  • Anda juga dapat memberikan pakan tambahan terhadap udang berupa anak serangga, pellet, dan siput kecil yang ada di sawah.
  • Pastikan pellet untuk pakan udang memiliki kandungan lengkap seperti karbohidrat, lemak, mineral, protein dan vitamin
  • Jangan lupa anda untuk memastikan kondisi budidaya udang anda terhindar dari penyakit dan serangan hama. Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat memberikan obat – obatan khusus tentunya terkait dengan penyakit dan serangan hama.
  • Udang dapat anda panen setelah usia udang sudah mencapai 120 hari setelah masa penebaran bibit udang
  • Cara melakukan panen udang ini sebaiknya dilakukan pada waktu malam hari agr udang dapat bertahan dan tidak stress. Setelah anda memanennya masukkan udang ke dalam kotak es agar kualitas udang dapat bertahan dalam waktu yang agak lama

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Lele Bioflok Step by Step Kualitas Unggulan

Manfaat Udang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1.      Penyeimbang Hormon

Untuk manfaat udang yang paling utama yakni berfungsi sebagai penyeimbang hormon yang ada di dalam tubuh manusia. Pada khususnya bagi anda yang sering melakukan kegiatan berolahraga ataupun yang hobi dalam berolahraga. Udang yang mengandung kaya akan protein dapat membantu dalam memproduksi hormon dan menyetabilkan jumlah hormon di dalam tubuh. Apabila bagi anda yang mengiginkan untuk meningkatkan massa otot, maka konsumsi udang karena udang memiliki kandungan hormonr yang dapat membentuk massa otot dengan baik.

2.      Mengatasi Penyakit Kanker

Jenis penyakit yang satu ini merupakan penyakit berbahaya nomor dua setelah penyakit jantung. Penyakit berbahaya seperti kanker ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi udang. Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh. Mineral selenium ini yaitu zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan, beberapa hasil penelitian sudah membuktikan bahwa kandungan selenium di dalam udang bisa diserap dengan baik oleh tubuh kita.

3.      Mengatasi Penyakit Jantung, Diabetes, dan Anti Depresi

Selain kanker, udang juga dapat menjadi faktor pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung. Lagi-lagi, selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini. karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung.

Penyakit diabetes yang tergolong penyakit yang sulit untuk disembuhkan juga bisa kita cegah dengan memasukan udang ke dalam menu makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Dan satu lagi, selenium yang ada di dalam udang bermanfaat pula bagi pencegahaan ataupun pengobatan bagi penderita depresi. Wow banget kan si udang ini?

4.      Sumber dari Omega 3

Beberapa orang yang menganggap udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak memasukan udang ke dalam menu sehat harian. Tapi tahukah anda jika udang adalah sumber omega 3 yang sangat lengkap? tentu anda sudah mengetahui manfaat omega 3 kan ? sangat penting untuk otak.

Ya, banyak penelitian sudah membuktikan kebenaran bahwa udang memiliki kandungan omega 3 yang beragam. Di dalam empat ons udang, terkandung 50% Eicosapentaenoic Acid atau EPA dan terkandung juga Docosahexaenoic Acid atau DHA dalam presentase seimbang yakni 50%. EPA dan DHA sendiri merupakan dua jenis omega 3 yang berperan aktif guna menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

5.      Sumber Kandungan Zat Anti Inflamasi

Hasil penelitian membuktikan bahwa udang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi tersebut adalah Astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang. Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

6.      Sumber Konsumsi Kaya Protein

Udang merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein di dalam udang bahkan menjadikan udang masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia. Dan, udang mengandung protein yang tidak hanya dapat mencuupi kebutuhan tubuh tetapi juga memiliki kualitas protein yang sangat bagus. Kegunaan protein tentu sangat banyak. Pertumbuhan kuku, rambut maupun untuk meningkatkan massa otot.

7.      Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anda merasakan kurang berselara makan, disarankan untuk mengkonsumsi udang. Kenapa? Ini karena udang yang mengandung banyak protein jika dikonsumsi akan membentuk zat bernama peptida. Peptida di dalam tubuh akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah CCK inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang. Dengan adanya peptida, jumlah hormon CCK dapat diatur sehingga anda pun dapat memiliki nafsu makan anda kembali.

8.      Sebagai Obat Anemia

Tenyata udang mempunyai jumlah kandungan vitammin yang sangat tinggi dan bermacam – macam.  Di antaranya, udang memiliki kandungan vitamin B. Tidak hanya satu jenis vitamin B saja tetapi ada juga vitamin B jenis lainnya. Vitamin B dalam udang yaitu vitamin B6, B12, Kolin, Niasin dan asam pantotenis. Kegunaan dari vitamin-vitamin B ini adalah untuk menstabilkan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia. Bahkan mereka yang sudah diduga menderita penyakit kekurangan darah ini dapat diobati dengan konsumsi udang yang disesuaikan.

9.      Memiliki Kandungan Fosfor yang Tinggi

Udang yang sangat kaya manfaat ini juga memiliki khasiat untuk memperkuat tulang kita. Konsumsi udang secara rutin akan menambah kepadatan dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Zat pembentuk tulang yaitu fosfor terdapat di dalam udang dengan jumlah yang tinggi. Selain tulang, fosfor juga dapat menguatkan gigi-gigi kita. Karena jika tulang kita rapuh atau terjadi pengeroposan pada tulang, kesehatan pun secara umum akan terganggu. Persendian lah yang akan sangat terasa nyeri saat kita mengalami pengeroposan tulang.

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Ayam Bangkok Kualitas Tarung Mematikan

Anjuran Yang Baik Dalam Mengkonsumsi Udang

Untuk saran penyajian agar anda bisa mendapatkan semua manfaat udang, tips dan triknya cukup sederhana dan dapat anda praktekan sendiri di rumah.

  1. Jangan Konsumsi dengan di Goreng

Udang akan sangat baik khasiatnya jika tidak dimasak dengan digoreng. Kandungan kolesterol jahat di dalam minyak goreng akan menambah lebih banyak lagi kolesterol jahat atau LDL pada udang.

  1. Konsumsi dengan di Kukus

Jadi, jika ingin udang memiliki jumlah LDL yang rendah, usahakan untuk memasak udang dengan mengukusnya. Pengukusan ini jauh lebih sehat dibandingkan jika anda memasak udang menggunakan minyak goreng.

  1. Konsumsi dengan di Bakar

Alternatif lain jika bagi anda yang tidak terlalu suka dengan makanan yang dikukus, udang dimasak dengan cara dibakar. Memasak dengan cara dibakar akan membuat kandungan nutrisi pada udang tetap terjaga, dan anda pun tetap dapat menikmati kelezatan dari olahan seafood yang satu ini.

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Walet Step by Step Berkulitas Unggulan

Efek Samping Konsumsi Udang

Secara umum udang tidak memiliki efek samping pada kesehatan. Hanya saja, bagi anda yang memiliki alergi pada jenis makanan laut, agar dapat berhati-hati ketika mengkonsumsi olahan udang dalam bentuk apapun. Jika perlu, ada baiknya anda membatasi jumlah konsumsi makanan dari olahan udang agar terhindar dari kambuhnya alergi.

 

Sekian yang dapat kami sampaikan dalam pertemuan kali ini mengenai Cara Budidaya Udang . Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi anda, khususnya bagi anda yang berminat untuk membudidayakan udang secara tepat dan benar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *