Panduan Cara Budidaya Walet Step by Step Berkulitas Unggulan

Cara Budidaya Walet – Walet adalah salah satu burung yang hidupnya di alam tepatnya ditebing dekat dengan lautan. Dalam kegiatan membudidayakan walet saat ini, banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia, sebab walet memiliki nilai ekonomis yang begitu tinggi. Anda dapat menjual sarang walet dan kemudian  menghasilkan uang dari hasil budidaya walet anda. Selain dapat di jual sarang walet mempunyai manfaat yang begitu baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Jenis hewan yang satu ini dalam membangun sarangnya dapat menggunakan dari air liurnya atau sering disebut juga dengan iler walet (bahasa jawa) dan atau dalam bahasa ilmiahnya disebut juga dengan saliva.. Berbeda halnya dengan burung lainnya, dalam membangun sarangnya dengan menggunakan rumput yang sudah kering.

Pada saat memulai budidaya walet, pastinya anda memerlukan strategi yang sangat jitu. Tujuan dari strategi ini agar budidaya walet dapat berhasil dengan apa yang kita harapkan. Tahapan yang akan di tempuh termasuk agak mudah. Budidaya walet yang sedang anda jalankan saat ini dapat menjadi sebuah bisnis investasi yang kedepanya berkelanjutan dan dalam jangka panjang.

Walet sendiri merupakan burung pemangsa serangga yang biasanya meluncur dari atas menuju kebawah seperti pesawat luncur. Selain itu, walet mempunyai sifat setia artinya ia selalu balik ke sarangnya yang sama seberapa jauh ia mencari mangsa yang di carinya. Biasanya walet ini akan balik ke sarangnya pada waktu sore hari. Sebenarnya cara budidaya walet ini agak sulit, Namun karena sarang walet memiliki nilai jual yang tinggi membuat seseorang berlomba-lomba untuk membudidayakan walet.

 

Cara Budidaya Walet

Namun bagi anda mengenal hewan yang satu ini, disini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai karakteristik yang mudah dikenali oleh burung walet.

 

Ciri Khusus Hewan Walet :
  1. Memiliki warna yang gelap pada keseluruhan tubuhnya
  2. Memiliki ukuran tubuh yang sedang atau cukup kecil, ukuran tubunya seperti burung gereja
  3. Memiliki kecepatan dalam berterbang di angkasa
  4. Memiliki sayap berbentuk sabit yang melengkung dan runcing
  5. Memiliki kaki dan bentuk paruh yang sangat kecil
  6. Tidak dapat berjalan dengan kakinya dan tidak pernah hinggap pada pepohonan
  7. Memiliki kebiasaan menghabiskan waktunya dengan berdian diri di gua atau rumah yang memiliki kondisi lembab dan gelap
  8. Memiliki langit-langit untuk menempelkan sarang sebagai tempat istirahat dan berbiak
  9. Pada setiap sore hari waktunya walet mencari makanan, makanan yang dicari tersebut yaitu serangga

 

Artikel Terkait Cara Budidaya Entok Step by Step Berkualitas Terbaik

Ciri-Ciri Sarang Walet diantaranya :
  1. Memiliki warna putih, sehingga bebrdesa dengan dengan sarang burung lainnya
  2. Modelnya keras seperti halnya adonan kerupuk yang sudah menjadi padat
  3. Memiliki bau khas , sehingga bagi anda yang menciumnya secara langsung sangat tercium sekali bau khasnya
  4. Model sarang waletnya berupa mangkok kecil, namun tidak seluruhnya tertutup
  5. Pada umunya sarang walet menempel pada dinding maupun pada gua dengan posisi bagian atasnya terbuka

 

Cara Budidaya Walet Secara Tepat dan Kualitas Terbaik

  1. Persiapan Pembuatan Kandang Walet

Dalam tahapan pertama cara budidaya walet, sebelumnya sudah dijelakan bahwa walet biasanya tinggal ditempat yang gelap dan menyukai pada kelembapan jadi tempat kandang budidaya walet harus dibuat sangat rapat dan sesuai dengan tepat dan juga benar. Namun bagi anda yang belum mengetahui bagaimana mempersiapkan tempat dan membuat kandang budiaya walet, jangan khawatir pada kesempatan kali ini kami akan memberikan metode bagaimana cara membuat kandang dengan tepat dan benar.

 

Cara Budidaya Walet

Mari kita simak sejenak beberapa metode atau cara membuat kandang walet diantaranya :

  • Buatlah 1 pintu masuk untuk pemilik
  • Setiap lubang udara ditutup dengan kain jarang atau hitam
  • Pada Setiap sisinya kurang lebih ukuran 1 meter per 1 lobang, hal ini untuk memastikan oksigen dapat masuk ke dalam
  • Buatlah 1 jendela pada bagian lantai paling atas gedung untuk pintu masuk walet
  • Pada umumnya setiap gedung terdiri minimal 2 hingga 5 lantai, hal ini juga tergantung pada anda dan selera anda mau membuat berapa jumlah lantai.
  • Pada lantai bagian paling bawah dibuat seperti kolam dan diisi air.
  • Pada bagian luar gedung dibuat seperti parit keliling, hal ini dibuat dengan tujuan agar walet dapat minum dan mengatasi semut dan hewan lainnya yang ingin masuk ke gedung dan dapat memakan telur-telur walet
  • Pada bagian dalam gedung pasanglah speker kecil yang cukup banyak, lalu putarkan suara burung walet sepanjang harinya. Tujuanya supaya membuat walet merasa lebih berada pada habitatnya dan mengundang walet lainnya untuk tinggal bersamanya.
  • Untuk mendirikan gedung walet sebaiknya jauh dari kondisi kebisingan ataupun lingkungan sangat ramai sebab akan mengakibatkan walet tidak betah pada habitatnya.

Sesudah kandang walet siap dibangun, selanjutnya anda dapat menempelkan kotoran walet yang telah di campurkan dengan air , lalu ditempelkan pada keseluruhan bagian dinding untuk membuat kandang berbau seperti halnya dapat mengundang kawanan walet lainnya untuk tinggal

 

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Kambing Step by Step Kualitas Unggulan

  1. Persiapan Pemberian Pakan Walet

Setelah kandang sudah siap di tempati dan walet sudah di dalam gedung tersebut maka langkah selanjutnya dalam cara budidaya walet adalah persiapan pemberian pakan walet. Untuk pakan walet sendiri anda tidak perlu bingung dalam memebrikannya, karena walet dapat mencari makanan dengan sendirinya. Namun sebaiknya bagi anda yang mau mendirikan gedung walet ada beberapa yang harus di perhatikan diantaranya :

  • Pilihlah lokasi yang cocok dia arena sumber pakan alami
  • Anda dapat mendirikan gedung di pinggiran hutan
  • Anda juga dapat mendirikan gedung di areal persawahan
  • Anda juga dapat mendirikan gedung di areal pinggiran aliran sungai

Dari beberapa anjuran di atas paling tidak pilihlah di areal lintasan walet dan jika anda memilih pada area yang banyak gedung di sekitarnya aka tipis harapan budidaya anda tidak akan berhasil secara apa yang anda harapkan.

Iya harapannya tipis Mengapa demikian ? Sebab walet memiliki sifat setia dan koloni enggan berpisah dengan kawannya kecuali ada gangguan. Selain itu, di dalam ruangan tersebut kondisi suhu dan kelembapan harus ideal. Jadi walet mudah menetap dan selalu tidur di kandang itu.

  1. Pemeliharaan Walet

Cara budidaya walet selanjutnya adalah pemeliharaan atau perawatan si walet. Pada umunya kondisi  parit dan kolam air selalu di isi setiap jelang sehari sekali, hal itu bertujuan agar mengatasi air surut dan kering dan mengakibatkan gedung menjadi panas.

Biasanya gedung di semprot dengan menggunakan obat perangsang untuk memancing agar kawanan walet lainnya betah  tinggal dan berkembang dalam gedung tersebut.

  1. Hama dan Penyakit Walet

Cara budidaya walet selanjutnya adalah mengatsi hama dan penyakit walet. Walet memiliki banyak hama yang dapat menggangu  setiap saat. Jadi masalah ini harus ditangani secara serius yaitu dari segi keamanan gedung.

 

Cara Budidaya Walet

Ada beberpa jenis macam hama yang dapat menyerang walet diantaranya, yaitu :

  • Semut
  • Burung hantu atau elang dan pemakan burung kecil lainnya.
  • Kadal atau tokek
  • Tikus
  • kecoa dan masih banyak lagi

Untuk penanganannya tentu berbeda beda tapi biasanya setiap peternak walet pasti memiliki senapan angin yang dipakai untuk menembak burung predator atau hanya untuk sekedar menakut nakutinya.

  1. Pemanenan Walet

Cara budidaya walet selanjutnya yaitu pemanean walet. Tahapan ini yang sangat dinanti nantikan suapaya dapat mengetahui berapa hasil yang kita dapatkan sepanjang kita membudidayakannya. Sarang burung walet dapat dipanen bila keadaan sudah memungkinkan, perlu cara dan ketentuan tertentu agar hasil yang diperoleh bisa memenuhi mutu sarang walet yang baik.

Sebab apabila  terjadi kesalahan saat proses memanen akan berakibat fatal bagi burung walet itu sendiri. Ada kemungkinan walet mersa terganggu dan akan mencari tempat yang baru. Untuk mengatasi maslah tersebut , sebaiknya anda perlu mengetahui beberapa teknik atau pola dan waktu panen walet.

 

Cara Budidaya Walet

Teknik panen sarang burung bisa dilaksanakan oleh pengeolaan gedung walet dengan beberapa metode diantaranya adalah :

  1. Panen Penetasan

Untuk cara pemanaenan ini, sarang di panen ketika anak walet menetas dan sudah dapat terbang. Kelemahan cara panen ini yaitu kualitas sarang rendah sebab sarang walet sudah mulai rusak dan tercampur oleh kotoran walet. Namun keuntungan dari cari ini burung walet dapat berkembang biak dengan kondisi tenan dan aman maka populasi walet dapat meningkat.

Untuk melakukan cara panen ini waktu yang paling ideal dilakukan pada awal agar dapat memperbanyak koloni walet dan sarang walet serta salah satu cara cepat meningkatkan poopulasi walet.

  1. Panen Buang Telur

Pada cara panen ini dapat dilakukan setelah burung membuaut sarang dan bertelur minimal dua butir. Kemudian telur diambil dan dibuang lalu sarangnya di ambil. Keuntungan dengan menggunakan cara pemanenan ini adalah dalam setahun dapat dilakukan sampai 4 kali dan kualitas sarang walet yang dihasilkan pun baik sebab sempurna dan tebal.

Selain terdapat keuntungan cara ini memiliki kelemahan yaitu tidak ada kesempatan lagi walet untuk menetaskan telurnya dan tidak ada menghasilkan populasi walet baru.

  1. Panen Rampasan

Metode pemanenan ini dilakukan setelah sarang siap dipakai untuk bertelur, namun pasangan walet tersebut belum sempat bertelur. Keuntungan menggunakan cara panen ini adalah jarak waktu panen cepat dan singkat, kulaitas sarang waletnya bagus dan jumlah produksi sarang walet per tahun lebih banyak.

Cara ini ada keuntungan tentunya juga ada kelemahannya. Kelemahan dengan menggunakan cara panen ini adalah tidak bagus dalam pelestarian burung walet sebab tidak ada peremajaan. Kondisinya lemah sebab dipicu untuk terus menerus membuat sarang maka tidak ada waktu jeda untuk beristirahat. Kualitas sarangnya pun merosot lebih kecil dan tipis sebab produksi air liur walet tidak mampu mengatasi pemacuan wakti membuat sarang walet dan bertekur.

 

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Cacing Merah Step by Step Kualitas Unggulan

Waktu Panen Yang Paling Ideal

  1. Panen 4 Kali Setahun

Panen ini dapat dilakukan jika walet sudah betah pada rumah yang di tempatinya dan telah padat oleh koloni walet. Cara panen yang di pakai untuk pemanenan pertama ada metode panen rampasan. Sedangkan untuk panen kedepannya dengan menggunakan metode buang telur.

  1. Panen 3 Kali Setahun

Cara panen ini cukup baik untuk geduak yang sudah berjalan dan perlu menambah populasi, Cara yang dipakai adalah panen tetasan pada pemanenan awal dan kedepannya dengan memakai metode rampasan dan buang telur.

  1. Panen 2 Kali Setahun

Cara panen ini dilakukan pada awal pengelolaan, sebab tujuannya agar meningkatkan hasil populasi walet dan membuat walet betah tinggal

  1. Pasca Panen Walet

Setelah hasil panen walet dikumpulkan dalu dilakukan pembersihan dan penyortiran dari hasil yang didapat. Hasil panen dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel yang kemudian dilakukan kegiatan pemisahan antara sarang walet yang bersih dengan yang kotor.

Manfaat Walet Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Negara China merupakan negara pertama yang mengkonsumsi air liur walet. Kejadian ini di tandai saat dinasti Yuan yang pada saat itu sedang mengambil air liur burung walet dari kalimantan. Pada saat itu hanya kaum elit yang dapat mengkonsumsi ai liur walet. Berikut ini beberapa alasan mengapa sejak itu banyak orang ingin mengkonsumsi air liur walet :

  • Air liur walet di percayai sebagai obat herbal untuk menetralisir semua racun yang ada pada dalam tubuh
  • Air liur di percayai sebagai sumber konsumsi yang penuh gizi dan baik untuk menjaga kesehatan kulit
  • Air liur walet di percayai sebagai obat terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru yang lebih aktif dala tubuh
  • Air liur di percayai dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan energi dalam kehidupan
  • Air liur walet di percayai dapat mejaga kesehatan paru-paru dan membuat umur panjang
  • Air liur walet Di percayai dapat menanggulangi berbagai jenis penyakit yang ada pada tubuh baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Selain di percayai oleh orang china kini air liur walet sudah banyak di manfaat banyak orang. Disini terdapat beberapa manfaaf air liur walet yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit secara alami. Mari kita simak manfaat air liur walet di bawah ini :

  1. Sebagai Obat Batuk Kering
  2. Mempertahankan Kecantikan Kulit
  3. Mengatasi Keluhan Paru-Paru
  4. Mengobati Kerusakan Pembuluh Darah
  5. Meningkatkan Nafsu Makan
  6. Sumber Antioksidan
  7. Sumber Mineral untuk Sistem Kekebalan Tubuh
  8. Membuat Kulit Menjadi Cantik
  9. Mendukung Kehamilan
  10. Mencerdaskan Otak

 

Tips Konsumsi Air Liur Walet

Dalam mengkonsumsi air liur walet harus sesuai dosis suapaya khasiatnya manjur. Untuk menjaga kesehatan yang lebih baik dianjurkan mengkonsumsi air liur walet dalam seminggu sekali, sedangkan untuk menyembuhkan penyakit dianjurkan mengkonsumsi setiap hari, waktu yang ideal yaitu pada pagi hari. Mari kita simak beberapa tips konsumsi air liur walet diantaranya :

 

  • Pilihlah air liur walet yang memiliki warna putih
  • Lalu rendam dalam air selama 2 jam
  • Lalu dinginkan selama 4 jam
  • Rendam lagi selama 12 jam
  • Diamkan air liur walet samapi mengembang
  • Bersihkan air liur walet dibawah keran sambil potong atau robek kecil-kecil
  • Masukkan dalam panci yang berisi air mendidih atau air panas
  • Rendam panci untuk memasak air liur walet dalam panci yang lebih besar dan masukkan air setinggi rendaman air liur walet
  • Apabila tidak suka rasa alami maka tambahkan gula batu alami
  • Jangan konsumsi air liur walet yang sudah berwarna kuning atau hitam karena bisa terkena jamur yang beracun
  • Hindari memasak air liur walet di suhu lebih dari 100 derajat Celcius karena bisa merusak kandungan alami air liur walet

Sekian dari kami yang dapat kami sajikan dalam kesempatan kali ini tentang Cara Budidaya Walet. Semoga apa yang kami sajikan dapat berguna dan bermanfaat bagi anda khususnya yang berminat untuk membudidayakan walet. Terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *