Cara Budidaya Entok Step by Step Berkualitas Terbaik

Cara Budidaya Entok –Berjumpa lagi bersama SuksesBudidaya, pada kesempatan kali kami akan membahsa proses ternak entok. Hewan entok termasuk kedalam jenis hewan unggas yang dikenal dengan sebutan manila. Saat ini permintaaan entok sangat laku di pasaran. Dengan demikian saking banyaknya permintaan pasar, para peternak entok saat ini belum dapat mengibanginya. Karena permintaan pasar di Indonesia sangat tinggi, hal ini dapat menciptakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi anda yang mau membudidayakannya.

 

Cara Budidaya Entok

Jadi bagi anda yang sangat berminat dalam budidaya entok ini keuntungan yang anda dapat bisa maksimal. Namun budidaya entok harus dilakukan secara bersunguh-sungguh supaya hasil panen entoknya laku di pasaran. Cara Budidaya Entok agar cepat besar sebenarnya tidak lain halnya dengan cara budidaya ayam. Sebutan lain dari entok adalah mentok, yang mana entok ini merupakan salah satu jenis hewan unggas. Pemasaran entok ini sudah mencakup luas di seluruh wilayah yang ada di Indonesia

Entok ini di pasaran nasional sangat populer, Kenapa di bilang sangat populer ? sebab entok memiliki rasa khas dagingnya yang lezat dan cara budidaya entok ini sangat gampang. Setiap entok bertelur, Entok dapat menghasilkan telur belasan butir telur.

Selain itu, saat ini sudah banyak restoran yang menyediakan menu hidangan makanan dari daging entok. Banyak jenis menu makanan entok yang dapat diolah berbagai jenis rasa makanan seperti entok goreng, entok bakar dan gule entok. Dengan demikian banyaknya permintaan dari masyarakat membuat para peternak entok begitu kualahan dalam menyetok entok. Adpun bebrapa cara budidaya entok agar cepat tumbuh besar dan tentunya cara itu sudah dimiliki oleh berbagai pembisnis entok.

Bagi anda yang belum mengetahui trik bagaimana cara budidaya entok supaya cepat tumbuh besar. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut. Untuk dapat tumbuh secara cepat itu hal yang gampang, apalagi dengan sistem umbar. Berikut ini bebrapa tahapan untuk budidaya entok agar cepat tumbuh besar diantaranya :

Artikel Terkait  Panduan Cara Budidaya Kambing Step by Step Kualitas Unggulan

Dilihat dari Warna Bulu Entok

 

  • Entok yang memliki warna bulu putih
  • Entok yang memiliki warna bulu campuran
  • Entok yang memiliki warna bulu biru kehitaman

 

Dilihat dari Sifat Entok

 

  • Entok mampu menciptakan sarang sendiri
  • Entok mengerami telurnya
  • Entok dapat menjaga anak-anaknya dari serbuan hewan pemangsa seperti kucing dang anjing.
  • Entok memiliki sifat yang liar dan terkadang menyukai terbang jauh dan sering bertengger diatas atap rumah.

 

Karakteristik dari Entok
  • Mempunyai ukuran kepala yang amat besar dan tekturnya yang kasar
  • Mempunyai bulu di atas kepala yang dapat berdiri tegak setiap entok merasa terganggu atau terancam dari serangan
  • Mempunyai jambul berwarna merah seperti yang dimiliki hewn kalkun
  • Pada posisi atas pangkal paruh, sekilas mata kelihatan mempunyai daging tumbuh
  • Paruhnya yang berukuran kecil, sempit, dan pendek di banding dengan ukuran tubuhnya

 

Untuk membedakan jenis kelamin entok jantan dengan entok betina, anda dapat mengetahui jenis kelaminkelamin entok dari bentuk fisiknya yaitu :

  • Pada entok jantan mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan entok betina
  • Pada bagian kepala entok jantan, anda dapat mengetahui jengger yang tumbuh dengan bentuk bulatan
  • Biasanya pejantan memiliki suara yang lebih kuat dan keras dibandingkan dengan entok betina

 

Manfaat Membudidayakan Entok

Seandainya cara budidaya entok dilakukan dengan tepat dan benar, maka hasil yang kita dapat cukup maksimal, sebagai contohnya anda dapat menjadi pengusaha sukses jika membudidayakan entok secara besar-besaran dan pundi pundi rupiah akan selalu disamping anda. Dalam budidaya entok anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Berikut beberapa manfaat budiaya entok diantaranya :

  • Rasa daging entok yang sangat lezat, banyak mengandung sumber protein yang cukup bagus untuk bahan konsumsi semua kalangan masyarakat.
  • Tahap budidaya entok yang cukup mudah, sehingga dapat meringankan waktu kerja anda
  • Kotoran yang telah di keluarkan oleh entok, dapat kita gunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik atau kandang. Kemudian pupuk kandang tersebut cocok jika digunakan bagi tanaman seperti memupuk tanaman sayuran.
  • Dari budidaya entok entok ini, kita dapat meraih keuntungan berlipat ganda. Anda dapat menjual daging entok dan telurnya di pasaran atau anda dapat menjualnya ke rumah makan yang menghidangkan menu makanan yang terbuat dari daging entok.

 

Artikel Terkait  Panduan Cara Budidaya Cacing Merah Step by Step Kualitas Unggulan

 

Cara Budidaya Entok Dengan Hasil Kualitas Unggulan

 

  1. Persiapan Kandang Entok

Cara budidaya entok pada tahapan ini yaitu persiapan kandang entok. Dalam menyiapkan lokasi tentunya terlebih dahulu kita harus mempersiapkan peralatan untuk membangun kandang bsgi entok. Bangunlah kandang entok yang memiliki kualitas baik suapaya kedepannya pertumbuhan dan perkembangan entok juga baik. Lokasi merupakan hal yang sangat menentukan bagi pertumbuhan dan juga perkembangan entok. Apabila anda membangun kandang dengan ukuran besar, maka akan menentukan banyaknya entok pedaging yang nantinya dapat anda budidayakan.

Seandainya bagi anda yang berminat membudidayakan entok secara kecil-kecilan, sebaiknya dalam mendirikan lokasi kandang entok jangan terlalu jauh dari tempat tinggal anda artinya anda dapat membangun kandang entok di sekitar rumah misalnya di halaman depan maupun halaman belakang rumah.

Tetapi bagi anda yang berminat langsung untuk membudidayakan ento secara besar-besaran, maka sebaiknya dalam menentukan lokasi dan membangun kandang entok jauh dari pemukiman penduduk, aman dari serangan pemangsa, memiliki suhu dan iklim yang kondusif.  Ciri kandang yang baik seperti dimana memiliki atap yang membuat entok bebas dari panas dan hujan dan suhu yang ekstrim.

Mempunyai halaman sebagai arena beramain dan jangan lupa di kasih pagar dengan ketinggian 2 kali lipat dari tinggi entok. Selain itu, harus memiliki tempat makan dan wadah untuk minum dan memiliki lingkungan kandang yang terjaga artinya selalu dalam keadaan bersih bebas dari kubangan air, lumpur, gulma, dan kotoran.

 

  1. Pemeliharaan dan Pakan Entok

Cara budidaya entok pada tahapan ini yaitu pemeliharaan dan pemberian pakan entok. Disini terdapat langkah supaya entok yang saat ini dibudidayakan anda dapat tumbuh maksimal dengan bobot yang mencukupi, maka berikan pakan entok yang berkualitas unggulan.

Pemeberian jenis pakan merupakan salah satu faktor penunjang pertumbuhan yang maksimal bagi entok. Jika anda mengiginkan hasil budidaya entok anda berkualitas di pasaran maka dalam melakukan pemberian pakan harus meadai artinya pakan yang mengandung asupan gizi dan vitamin yang cukup.

 

Cara Budidaya Entok

Dalam memberikan pakan perhatikan asupan gizi dan vitamin bagi induk ataupun anak entok, hal ini agar kedepannya entok tidak mengalami kendala dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Dengan demikian, disini kami akan memberitahu kepada anda berapa ukuran asupan gizi dan vitamin yang dapat anda berikan bagi si entok, yaitu :

  • Anak entok pada usia (1 sampai 14 hari), sebaiknya berikan pakan yang memiliki kandungan protein dan nutrisi yang seimbang seperti memberikan pelet atau startet.
  • Anak entok pada usia (15 sampai 35 hari), sebaiknya berikan pakan yang cendrung untuk meningkatkan bobot dari anakan entok itu seperti memberikan pakan konsentrat yang dapat di campurkan dengan ampas tahu, jagung dan dedak.
  • Anak entok pada usia (36 samapi 40 hari), dimana pada usia saat ini entok membutuhkan mineral dan vitamin dalam jumlah yang relatif tinggi supaya dapat menjaga kesehatan entok itu sendiri. Biasanya paara budidaya entok akan memberikan pakan dengan campuran seperti ikan runcah, bakatul, ampas tahu, nasi, menir, gondok dan keong.

Artikel Terkait  Panduan Cara Budidaya Udang Windu Step by Stpe Unggulan

 

  1. Tahap Pemberian Vaksin Entok

Setelah anda sudah melakukan pemberian pakan, kegiatan selanjutnya yaitu pemberian vaksin. Pemberian vaksin ini bertujuan supaya entok yang saat ini dibudidayakan anda dapat tumbuh dan berkembang secara baik.  Ternyata setelah pemberian vaksin pertumbuhan entok dapat melejit besa. Pada saat melakukan kegiatan penanggulangan penyakit berupa vaksinansi akan lebih tahan akan serangan berangam hama atau penyakit.

Walaupun dengan daya tahan entok di kenal lebih baik dari jenis hewan unggas lainnya, namun kegiatan vaksinasi harus tetap dijalankan agar kedepannya entok kessehatannya lebih terjaga dan tidak mudah terserang oleh penyakit.  Jenis vaksin vitachicks merupakan salah satu jenis vaksin yang dapat anda gunakan dalam budidaya entok anda untuk pengendalian penyakit flu dan pilek akibat serangan virus yang selalu menyerang entok.

 

  1. Mengontrol Nafsu Makan

Setelah melewati tahapan pemberian vaksin selanjutnya memasuki pada tahapan mengontrol nafsu makan entok.  Masalah ini perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya entok adalah ukuran nafsu makan dan dalam memberikannya. Dimana entok pedaging akan menghasilkan  daging yang berkualitas unggulan jiaka entok itu mempunyai nafsu makan yang bagus. Supaya nafsu makan si entok tetap terkontrol maka anda dianjurkan untuk memberikan pakan dengan kombinasi konsentrat stratet dalam pakan entok. Dengan demikian cara yang dilakukan ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan bobot entok yang maksimal.

 

  1. Memelihara Kondisi Lingkungan

Pada tahap selanjutnya adalah memelihara kondisi lingkungan di sekitar kandang. Entok memerlukan kondisi llingkungan yang nyaman sama seperti halnya membudidayakan hewan lainnya. Kondisi lingkungan pada budidaya entok haruslah dalam keadaan kondusif dan bebas dari kotran dan hama atau penyakit. Supaya entok tidak gampang stress ada cara yang harus dilakukan yaitu dengan membuat kolam sebagai tempat santai si entok.

 

  1. Pemberian Vitamin

 

Cara Budidaya Entok

Setelah melakukan kegiatan pemeliharaaan kondisi lingkungan secara baik, selanjutnya menuju pada tahapan pemberian vitamin. Melakukan pencegahan penyakit dapat dicegah dengan memperkuat daya tahan tubuh dengan memberikan banyak vitamin. Dan melakukan vaksinasi. Anda dapat melakukan itu dengan cara mencampurkan pada saat memberikan minum pada entok. Jenis penyakit yang sering menyerang entok adalah seperti avian influenza, botulismus, sallmonellosis, fowl cholera, fowl pox dan coccidiosis.

 

  1. Pencegahan Hama dan Penyakit

Pada cara budidaya entok selanjutnya adalah pencegahan hama dan penyakit, tujuan dilakukan proses ini tentu untuk mencegah tingkat kematian rendah. Kita ketahui terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang entok oleh karena itu melakukan pencegah hama dan penyakit sangat pentin dilakukan, cara yang bisa anda lakukan adalah pemberian vaksinasi, pemberian vitamin dan fokus pada pembersihan kandang serta sirkulasi air maupun udara pada kandang.

Jika terdapat entok yang sakit atau terkena flu burung, sebaiknya lakukan pemisahan kepada entok lainnya agar penyebaran virus dapat dikendalikan serta tingkat kematian entok dapat diatas.

 

  1. Pembuantan Pakan Entok

Untuk tahap selanjutnya dalam cara budidaya entok yang kami sajikan adalah pembuatan pakan, tujuan dilakukan pemberian pakan untuk menunjang proses pertumbuhan entok lebih maksimal serta memiliki kualitas terbaik.

Terdapat campuran bahan pakan yang sangat baik untuk pertumbuhan entok adalah campuran dari jagung goling, asam amino, minyak, dedak dan topmix. Dalam proses pencampuran pakan entok pastikan dilakukan pada wadah yang cukup besar sehingga bahan pakan dapat tercampur dengan rata.

 

Itulah sedikit informasi dari kami mengenai Cara Budidaya Entok, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Bagi anda yang berniat melakukan budidaya entok dapat memakai artikel kami sebagai referesi ternak dan dapat berguna.

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *