Cara Budidaya Nila Step by Step Berkualitas Unggulan

Cara Budidaya Nila  – Jumpa lagi bersama kami SuksesBudidaya, dalam kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi budidaya nila. Hampir di setiap penjuru daerah yang ada di Indonesia kata budidaya nilan sudah tidak asing lagi ditelinga anda semua. Perkembangan zaman yang selalu maju menjadi budidaya atau ternak nila semakin mudah dilakukan, selain itu banyak perternak yang melakukan budidaya ikan satu baik sebagai bisnis maupun memenuhi kebutuhan pakan sehari-hari dengan berbagai cara yang sangat mudah diikuti.

 

Cara Budidaya Nila 

Adapun beberapa  cara budidaya nila yang dapat anda lakukan diantaranya dengan tembak, kolam semen,kolam terpal, keramba, jaring apung, bahkan dpat di sawah dan air yang payau nula bisa tumbuh dan berkembakbiak secara baik.

 

Nila mempunyai tekstur daging yang enak dan tidak kalah rasanya dengan ikan mas. Nila merupakan salah satu makanan konsumsi favorit bagi peternak serta para konsumennya untuk di konsumsi. Selain itu harga jual nila ini dipasaran sangat tinggi. Pada pertumbuhan nila ini bobotnya dapat mencapai 1 Kg per ekornya. Sebelum anda melangkah ke bagaimana cara budidaya nila dengan hasil yang berkualitas nasional, saya mengajak anda untuk mengetahui poin-poin kunci sukses Cara Budidaya Nila. Mari kita simak sejenak dibawah ini :

 

Beberapa Kunci Sukses Cara Budidaya Nila

  1. Pemilihan Benih Nila
    • Dalam pemelihan benih nila yang berkualitas dan pertumbuhannya cepat , sebaiknya semua penjual bibit nila harus mengklaim bahwa yang dijual bibitnya berkualitas. Saat membeli kita harus pandai mengetahui indukan nila jangan sampai anda terkena tipian penjual atau terkecoh olehnya.
  2. Type Nila Yang Dipilih
    • Anda harus memilih jenis nila yang mempunyai rasa yang lebih gurih dan nikmat sehingga memiliki harga jual yang tinggi.
  3. Cara Budidaya Nila Target 2 Bulan Panen
    • Metode dan Cara Budidaya Nila 2 bulan panen? Agak-agak gampang dan memrlukan pemeliharaaan secara khusus.
  4. Metode dan Cara Budidaya Nila
    • Sebaiknya pakan buatan bagi budidaya nila memiliki kadar protein agar dapat panen dalam 2 bulan.
  5. Bagaimana Cara Budidaya Nila Supaya Cepat Tumbuh Besar ?
    • Hal paling utama harus dipantau terus agar tumbuh kembang nila cepat besar dan menghasilkan nila yang berkualitas.
  6. Cara Budidaya Nila Secara Sederhana dan Efektif
    • Untuk menghasilkan nila yang berkualitas sebaiknya menggunakan bibit jenis kelamin nila jantan.
  7. Persiapan Pembuatan Kolam Nila
    • Dalam Pembuatan kolam nila harus dibuat secara maksimal dan nyaman untuk nila hidup didalam kolam tersebut.
  8. Sirkulasi Air Kolam
    • Pengelolaan air dalan cara budidaya nila harus diamati. Supaya pertumbuhan nila dapat cepat besar.
  9. Filter Kolam Sirkulasi
    • Metode kolam filter bertujuan agar dapat mengurangi kandungan bahan organik didalam air kolam sehingga kualitas air dapat selalu terjaga dan nila tetap hidup sehat.
  10. Penanganan Hama Nila
    • Dalam Kondisi normal, Hama yang menyerang nila tidak terlalu menghawatirkan. Apabila budidaya nila sudah dilakukan secara intensif dan masa.maka anada harus mewaspadainya.
  11. Pemberian Pakan Nila Protein Tinggi
    • Dalam Pemberian pakan bagi nila berilah pakan yang mengandung protein sekitar 40%.

 

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Udang Air Tawar Kualitas Unggulan

 

Setelah anda mengetahui bagaimana kuci sukses bagaimana cara budidaya nila saanya mari kita simak uraian cara budidaya nila dengan hasil yang berkualitas nasional :

 

Cara Budidaya Nila Dengan Hasil Yang Berkualitas Nasional

  1. Persiapan Lokasi Kolam

Tahap pertama dalam cara budidaya nilaadalah pemilihan lokasi kolam. Pada kegiatan ini sangat penting sebab nila dapat tumbuh kembang dengan baik pada lokasi yang cocok. Ternyata nila dapat tumbuh pada dataran rendah hingga dataran dengan ketinggian 500 m diatas permukaan laut ( DPL ).

Adapun Syarat Untuk lokasi kolam nila sebagai berikut :

  1. Type tanah yang baik untuk budidaya nila adalah type tanah liat/lempung, sebab tanah liat mempunyai sifat tanah dapat menahan air. Sehingga bisa dipakai sebagai dinding dan dasar kolam.
  2. Dianjurkan sebaiknya kemiringan tanah pada kisaran 3-5%, Hal itu akan memudahkan proses pengairan kolam secra gravitasi dapat mudah dilakukan.
  3. Cara budidaya nila yang tepat kita harus memperhatikan kandungan air. Dalam melakukan kegiatan pengairan kualitas air harus terjamin artinya kondisi air tidak keruh dan tidak tercampur dengan bahan kimia seperti minyak dan limbah dari pabrik. Anda harus memperhatikan pH air yaitu antara 6,5-8,6 dan suhu 25-30 derajat Celcius.
  4. Anda juga memperhatikan tingkat kecerahan air kolam. Anda dapat melakukan kegiatan ini dengan menggunakan piring secchi. Anka kecerahan yang harus dipenuhi yaitu antara 20-30 cm.
  5. Dalam budidaya nila dianjurkan kondisi perairan harus tenang dengan debit air kolam sekitar 8-15 liter per detik.

 

  1. Pengelolaan Kolam

Tahap selanjutnya setelah anda mempersiapkan lokasi kolam nila yaitu anda harus melakukan pengolahan kolam. Sebelum 2 minggu kolam digunakan, terlebih dahulu kolam harus dipersiapkan dengan cara melakukan pengolahan.

 

Cara Budidaya Nila 

Dalam kegiatan pengolahan kolam nila adapun beberapa tahapan yang dilakukan secara tepat, yaitu sebagai berikut :

  1. Keringkan dasar kolam nila, hal ini dapat dilakukan dengan cara menjemurnya selama beberapa hari.
  2. Membersihkan dasar kolam dari kotoran dan rerumputan, lalu dicangkul dan ratakan.
  3. Perbaiki tanggul dan pintu air agar kebocoran kolam tidak terjadi.
  4. Pasang jaring atau saringan pada pintu masuk dan pintu menuju keluar.
  5. Taburkan kapur tohor yakni sebanyak 100-300 Kg/ha. Jika anda tidak memiliki kapur tohor, anda dapat memakai kapur pertanian sebanyak 500-1.000 Kg/ha. Cara budidaya nila dengan melakukan kegiatan pengapuran bertujuan agar dapat memberantas hama serta memperbaiki pH tanah.
  6. Memberikan pupuk kandang sebanyak 1-2 ton/ha atau sebanyak 10 per meter persegi. Setelah itu, lalu cangkul bersama tanah dasar kolam, pupuk kandang jangan lupa sekalian ditebarkan di dasar kolam dan ditebar di depan tepat pintu masuknya air. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan di tahapan awal cara budidaya nila, hal ini bertujuan dapat meningkatkan pertumbuhan fitoplankton yang menjadi pakan alami bagi nila.

 

Artikel Terkait Panduan Cara Budidaya Cacing Darah Step by Step

  1. Tahap Pemilihan Benih Nila

Berbagai macam nila dan jenis hasil persilangan benih nila hitam atau merah maupun persilangan antara keduanya. Nila yang mempunyai kelincahan atau kegesitan adalah jenis  jantan / monosek. Nila jantan dapat menggunkan jantanisasi atau sudah jantan dari larvanya seperti contohnya nila gesit disilangkan dengan nila nirwana dari hasil peranakannya tersebut  menghasilkan larva benih nila 85% jantan / monosek.

Cara Budidaya Nila 

Dalam memilih benih nila yang berkualitas dan pertumbuhannya cepat tanpa ada kendala,maka seharusnya semua penjual harus dapat meyakinkan bahwa benih nila yang dijualnya dalam kondisi baik dan berkualitas. Sebelum membelinya kita harus mengetahui indukan dari benih nila seberapa besar, sebab dari situ  kita dapat mengetahuinya bagus atau tidaknya benih nila tersebut.Adapun beberapa jenis benih nila yang baik dan berkualitas diantaranya nila best, nila nirwana, nila gesit, nila janti, dan nila super. Tetapi anda harus mengetahui bahwa indukan nila itu sudah berapa kali memijah ? Umur indukan nila sudah berapa tahun ? dan Jenis Nila Strain ke berapa ?

  1. Pemilihan Jenis Nila

Dalam Cara budidaya nila jenis nila yang harus dipilih seperti nila merah. Karena nila merah memiliki rasa yang lebih gurih dan tidak nmemili duri yang halus didalam tubuhnya. Sehingga memdahkan konsumen untuk mengkonsumsinya tanpa harus susah-susah memisahkan duri halus dengan dagingnya. Ternyata nila merah mempunyai keunggulan dibandingkan dengan nila hitam yaitu nila merah lebih tahan terhadap serangan hama atau penyakit.

  1. Pengaturan Suhu

Cara budidaya nila anda harus mempunyai target dalam 2 bulan harus panen. Bagaimana cara budidaya nila dalam 2 bulan bisa panen ? semua itu tidak lepas dari niat kita, jika niat kita dalam budidaya nila itu mudah pasti 2 bulan kita dapat menembus musim panen. Nila merah mampu menyesuaikan disekitar lingkungannya secara cepat dan berkembang biak dengan baik. Nila merah ini dapt dijumpai di perairan air tawar contohnya Danau, Sungai, Waduk dan Rawa. Suhu yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si nila anatara 25-30 derajat Celcius dengan pH air 7-8.

Jika cuacanya semakin hangat maka akan bagus bagi pertumbuhan nila. Apabila bagi anda yang tempat tinggal dekat dengan pesisir pantai maka akan lebih bagus untuk membudidayakan nila karena nila mampu beradaptasi di air yang payau. Yang paling utama dianjurkan suhu air tidak kurang dari 24 derajat Celcius sebab jika kurang dari itu akan menganggu pertumbuhan nila.

  1. Pemberian Pakan Yang Berprotein

Bagaimana cara budidaya nila seperti yang anda ketahui tentunya nila merah termasuk kedlam golongan hewan pemakan segalanya atau omnivora. Pakan alami nila yakni plankton, tumbuhan air dan jenis hewan lainnya. Sedangkan pakan buatan manusia untuk nila sebaiknya mengandung protein  berkisar 35% – 50% .

Metode dan cara budidaya nila, ada salah satu kegiatan yang harus dilakukan yaitu pemupukan kolam . Hal ini bertujuan agr dapat merangsang tumbuhnya fitoplankton, zooplankton, atupun hewan yang ada di dasr air seperti siput, cacing, chiromus dan jentik-jentik nyamuk. Hewan yang hidup didasar air tersebut akan dimakan oleh nila. Apabila hewan itu tidak memnuhu untuk pakan si nila anda dapat memberikan pakan buatan yang berupa seperti pelet dengan ukuran kicil supaya dapat dimakan oleh benih si nila sendiri. Anda juga dapat mencampurkan pakan buatan dengan tepung maggot BSF ke dalam pelet itu.

Artikel Terkait Paduan Cara Budidaya Udang Hias Step by Step

  1. Pemberian pakan Nila

Dalam cara budidaya nila supaya nila cepat tumbuh besar dan hasil berkualitas ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu dari pemilihan benih, persiapan kolam, pemberian pakan, penanggulangan penyakit atau hama, membuat kolam kolam sirkulasi dan filter kolam sirkulasi.  Dalam pemberian pakan nila anda harus memperhatikan jenis pakan yang berkualitas seperti pelet harus mengandung protein minimal 25% protein. Pemberian pakan dapat dilakukan kira-kira 3-5 dari berat badan badan nila.

  1. Tahap Pemeliharaa Nila

Cara budidaya nila selanjutnya yaitu pemeliharaan nila. Perhatikan dalam melakukan kegiatan pemeliharaan. Anda harus memperhatikan pemberian pakan, mengontrol kondisi kolam dan pergantian air kolam. Selain memberikan pakan alami berupa flankton, nila juga dapt diberikan pakan pelet yang berkualitas tinggi agar pertumbuhan dapat lebih maksimal. Perhatikan nafsu makan nila supaya nila tidak stress. Nila akan melahap pakan yang diberikan dalam waktu 5 menit akan habis. Jika melebihi waktu normal itu maka nila diperkirakan memiliki beberapa gangguan diantaranya cuacanya yang cukup panas, kualitas air menurun atau terjankit penyakit.

Perhatikan secara teliti kondisi kolam nila jangan sampai anda telat menganti airnya. Ketinggian kolam harus stabil yaitu pada kedalaman 75-100 cm. Kecerahan air pada kolam selalu terjaga kangan sampai air menjadi keruh.

  1. Tahap Pemupukan Susulan

Cara budidaya nila di tahap pemupukan susulan harus dilakukan setiap 2 minggu sekali dengan menggunkan pupuk organik dan dosis 500 Kg/ha. Anda juga dapat menggunakan pupuk urea dan juga TSP sbanyak 30 Kg/ha yang di tutup denganbungkus plastik yang sudah di lobangi. Lalu tengelamkan bungkus plastik ke dalam kolam. Supaya terendam tetapi tidak menyentuh dasar kolam, caranya gantungkan dengan memakai bambu. Cara budidaya nila dengan menambahkan pupuk susulan, hal ini betujuan agar fitoplankton selalu tersedia hingga nila siap untuk dipanen.

  1. Tahap Panen Nila

Cara budidaya nila yang paling ditungu tungu yaitu panen nila. Pemanenan nila dapat dilakukan kecuali bobot nila sudah cukup dan usianya memadai. Pada umunya, nila siap panen pada usia 3-5 bulan. Anda dapat melakukan pemanenan dengan cara menggunakan jaring. Setelah di panen, anda dapat menjual hasil panen budidaya nila anda ke pasaran.

 

Sekian informasi dari kami mengenai Cara Budidaya Nila, semoga dapat membatu anda semua dalam memulai budidaya atau ternak nila dirumah dan semoga dapat bermafaat juga bagi anda yang sudah memulai ternak nila sebelum sehingga artikel yang ditulis ini tidak terbuang sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *