Panduan Cara Budidaya Udang Air Tawar Kualitas Unggulan

Cara Budidaya Udang Air Tawar –  Udang merupakan salah satu hewan yang paling lezat untuk dikonsumsi oleh masyarakat penjuru yang ada didunia. Udang juga digemari pada berbagai kalangan. Kita dapat menjumpai udang didaerah lautan lepas,danau,sungai,bahkan dirawa-rawa sekalipun. Jenis dan bentuk udang pun bervariasi tergantung dari mana wilayah berasal udang itu sendiri. Udang tidak hanya dijadikan bahan konsumsi,namun ada jenis udang yang dapat dijadikan hiasan di aquarium. Disini anda dapat membudidayakan jenis udang untuk dijadikan bahan konsumsi yakni diantaranya :

  • Udang Windu
  • Udang Venemei
  • Udang Jerbung
  • Udang Galah
  • Udang Bunga
  • Udang Barong
  • Udang Kipas
  • Udang Kucing
  • Udang Api-Api
  • Udang Rostris

 

Cara Budidaya Udang Air Tawar

Dari beberapa macam jenis udang yang telah disebutkan diatas merupakan udang yang paling populer dikonsumsi serta sebagai menu hidangan dari rumah makan sederhana hingga restoran bintang 5 yang ada di Indonesia.

Pada saat era sekarang ini membudidayakan jenis udang air tawar , kebanyakan orang-orang gagal dalam membudidayakannya. Hal ini membuat harga jenis udang air tawar dipasaran menjadi tidak stabil. Sehingga konsumen pun menjadi kebinguggan mau membelinya. Namun bagi anda yang ingin membudidayakan jenis udang air tawar ini, tetapi tidak tau bagaimana cara budidaya udang air tawar ini? Jangan khawatir kali ini saya akan membahas uraian tentang bagaimana cara budidaya udang air tawar di aquarium.

Aritikel Terkait : Panduan Cara Budidaya Cacing Darah Step by Step

Cara Budidaya Udang Air Tawar Kualitas Unggulan

Berikut Cara Budidaya Air Tawar dengan hasil yang melimpah dimulai dari mempersiapkan pembuatan tempat, persiapan bibit udang, hingga tahap pemanenan udang.

 

  1. Mempersiapkan Pembuatan Tempat

Cara budidaya udang air tawar langkah yang paling utama adalah persiapan pembuatan tempat untuk hidup bagi si udang air tawar. Anda dapat menempatkan budidaya udang air tawarnya di sebuah aquarium.Untuk ukuran aquriumnya sendiri hampir sama halnya dengan budidaya udang vaneme air tawar di aqurium. Anda harus menyesuaikan berapa banyak jumlah udang yang anda budidayakan disetiap wadah aquarium.

Kita harus menyesuaikan jumlah udang  yang ada didalam aquarium. Biasanya pada ukuran 1 meter persegi dan tinggi rata-rata 80 hingga 100 cm anda dapat mengisi bibit udang dalam aquarium dengan jumlah 10 ekor.  Membuat sebuah aquarium tidak beda halnya dengan membaut aquarium pada ikan hias yang anda beli ditoko.

Bahan utama membuat aquarium adalah kaca tebal yang berfungsi sebagai pembatas atau sisi dari aquarium. Jika anda susah atau binggung dalam pembuatan aquarium, anda dapat membelinya di sebuah toko ikan hias atau toko aquarium yang ada diwilayah anda.

  1. Persiapan Bibit Udang

Tahapan berikutnnya didalam cara budidaya udang air tawar adalah mempersiapkan bibit udang yang akan anda budidayakan.   Anda dapat mendapatkan bibit udang air tawar dengan cara membelinya di toko ikan hias atau toko peternakan yang menjual bibit udang. Sebelum anda membelinya ,pilihlah bibit udang air tawar yang kualitasnya baik.

Ada cara yang lebih efektif untuk mendapatkan bibit udang, yaitu dengan cara membeli indukan udang yang kualitasnya bagus agar dapat menghasilkan telur dan menjadi bibit yang berkualitas. Namun cara ini terlalu lama untuk mendapatkan bibitnya dibandingkan kita membelinya sebab dari waktu mengawinkan sampai menjadikan bibit itu tergolong lama.

  1. Mempersiapkan Pakan Bagi Udang

Tahap yang selanjutnya  didalam cara budidaya air tawar anda harus mempersiakan pakan yang  berkualitas bagi si udang supaya hasil pada saat musim panen udang yang dipanen dalam kondisi berkualitas unggulan. Jika hasil udang  yang di panen berkualitas maka akan membuat harga penjualan udang dipasaran menjadi  sangat tinggi. Namun udang yang dijual dipasaran tindak berkualitas maka akan membuat harga udang menjadi buruk dan anjlok.

 

Cara Budidaya Udang Air Tawar

Adapun beberapa jenis pakan udang air tawar yang perlu anda siapkan diantaranya :

  • Tepung Terigu
  • Biji Jagung
  • Wheat Germ  Meal
  • Rice Bran
  • Ketan Padi

Anda juga dapat memberikan pakan lainnya bagi si udang dengan catatan aman dan sudah teruji bebas dari bahan kimia serta baik untuk perkembangan bagi si udang.

 

  1. Mempersiapkan Vitamin Bagi Udang

Cara budidaya udang air tawar ini dibutuhkan sebuah nutrisi bagi si udang. Artinya udang membutuhkan vitamin, hal ini bertujuan supaya membantu pertumbuhan dan perkembangan . Jika tumbuh kembang udang cepat maka pemanenannya pun dapat dilakukan secara cepat. Untuk mendapatkan Vitamin ini anda dapat membelinya ditoko khusus pakan ikan dan udang.

Artikel Terkait : Paduan Cara Budidaya Udang Hias Step by Step

 

  1. Pelepasan Bibit Udang

Tahapan Selanjutnya yang dapat anda lakukan di dalam cara budidaya udang air tawar adalah melepaskan bibit udang. Kegiatan pelepasan ini harus dilakukan secara hati-hati. Perhatikan jumlah bibit yang akan dilepaskan ke tempat budidaya anda. Jika anda elepaskan bibit anda kedalam aquarium,anda harus memperhatikan ukuran luas dari aquarium. Jangan sampai anda melepaskan biibit udang terlalu banyak sedangkan ukuran luas aquarium anda tidak memadai atau sangat kecil.

  1. Memberikan Pakan Bagi Udang

Memberikan pakan bagi si udang air tawar ini sebaiknya dalam satu hari diberikan dua kali yaitu pagi dan sore hari. Ada pun yang harus diperhatikan dalam memberikan pakan yaitu presentase pemberiannya bisa diberikan 40% untuk pagi hari dan 60% untuk sore hari. Mengapa dilakukan pembagian seperti itu? Karena agr udang lebih hidup dan aktif pada malam harinya.  Ada catatan sedikit, pada saat setelah pemberian pakan jangan sampai anda meninggalkan kotoran maupun sissa makan pada wadah bididaya tersebut. Berikan pakan secara sedikit-sedikit serta bertahap.

  1. Memberikan Vitamin Bagi Udang

Cara budidaya udang air tawar dibutuhkan langkah dalam memberikan  vitamin bagi udang itu sendiri. Vitamin diberikan seperti halnya dengan budidaya udang lainnya. Anda dapat melakukannya  dengan Cara mencampurkan langsung dengan pelet yang sudah disiapkan atau dapat dilakukan dengan cara terpisah bagi si udang. Anda bisa mendapatkan vitaminnya dengan membelinya di toko penjual bibit udang. Manfaat vitamin ini adalah untuk mengontrol kesehatan supaya tidak terkena penyakit dan dapat merangsang pertumbahnya secara cepat.

  1. Menjaga Kualitas Air

Didalam cara budidaya air tawar, anda harus menjaga kualitas air tetap bersih dan terjaga. Menjaga kualitas air yaitu dengan cara mengganti airnya.  Apabila tidak mengganti airnya maka akan menyebabkan udang mati.  Selain itu, kita harus menjaga kadar ph didalam air selalu stabil. Biasanya ph yang stabil didalam air antara 7 hingga 9.

  1. Menjaga Sirkulasi Oksigen Dalam

Utamakan didalam cara budidaya udang air tawar pastikan sirkulasi oksigen didalam tempat budidaya harus stabil. Kita harus menjaga kondisi suhu didalam air antara 25-30 derajat Celcius serta kadar oksigen didalam air harus lebih dari 4ppm. Sebetulnya untuk mengatur kadar oksigen dapat menggunakan air pumb.

  1. Pembuatan Tempat Persembunyian

Udang merupakan hewan yang sering bersembunyi di celah celah bebatuan dan sudut-sudut yang kosong. Dalam pembuatan tempat persembunyian ternyata dapat menggunakan peralon yang berukuran kecil. Selain menggunakan bahan peralon anda dapat menggunakan bahan yang lainnya,asalkan bahan tersebit dapat tenggelam didalam air serta memiliki celah atau lubang untuk tempat persembunyiannya.

  1. Persiapan Penggantian Kulit

Tentunya anda sudah tau .Semua jenis udang akan mengalami pergantian kulit.Pada tahapan penggantian kulit ini udang akan mengganti kulitnya ketika ia akan tumbuh besar. Semakin udang sering bergantian kulit maka akan membuat pertumbuhan semakin cepat. Dalam penggantian kulit yang perlu dipersiapakan yaitu dengan cara menjaga  bebrapa faktor yang membuat udang cepat mengalami pergantian kulit diantaranya kesehatan udang, pakan udang, kesetabilan air dan kadar oksigen.

  1. Pemijahan

Pemijahan biasanya ditandai setelah udang mengalami pergantian kulit dengan jenis kelamin betina. Sebenarnya udang secara alami siap meminjah sepanjang tahun dan biasanya terjadi pada malam hari.Proses perkawinan induk baru dimulai saat udang betina siap kembali ke kondisi yang semula. Untuk mempersiapkan pemajahannya anda cukup siapkan wadah khusus dimana didalah wadah tersebut sudah terisi udang jantan dan udang betina dengan komposisi perbandingan 1:3.

  1. Proses Pengeraman Udang

Cara budidaya udang air tawar dibuttuhkan proses pengeraman udang. Biasanya yang dilakukan udang saat pengeraman udang akan meletakkan telur-telurnya pada sirip renangnya dan menutup serta melindunginya dengan ekornya. Udang akan melakukan pengeraman  selama satu hingga setengah bulan.

  1. Tahap Pemilihan Udang

Pada tahapan ini didalam cara budidaya air tawar harus dilakukan secara teliti. Setelah melakukan kegiatan pemeliharaan selama 4 hingga 5 bulan saatnya kita memasuki ke tahapan selanjutnya yakni pemilihan udang. Pilihlah udang yang berukuran panjang dan berbobot. Hal ini dilakukan supaya ketika memasuki musim panen dapat dilakukan dengan mudah ,artinya ketika kita mengirim udang ke luar daerah atupun luar negeri akan sesuai dengan bobot dari udang itu sendiri.

Artikel Terkait : Panduan Cara Budidaya Semut Rangrang Berkualitas Unggulan

  1. Persiapan Panen Bagi Udang

Tahap dalam mempersiapan pemanenan udang air tawar ini agak gampang. Tidak memerlukan alat yang khusus artinya anda cukup menyiapkan saringan untuk mengambil udang dari tempat udang di panen.

  1. Tahap Panen Udang

Tahapan yang paling akhir didalam cara buudidaya udang air tawar adalah panen udang.  Setelah peralatan panen sudah siap semua saatnya siap dilakukan pemanenan. Cara awal untuk pemanenan adalah mengangkat  atau mengambil  satu per satu udang dari aquarium maupun wadah. Ambilah dengan menggunakan saringan yang sudah disiapkan tadi dan apabila sudah siap segera masukan ke dalam box atu tempat penampungan udang yang sudah kita panen.

 

Cara Budidaya Udang Air Tawar

Setelah mengetahuai bagaimana cara budidaya udang air tawar dengan hasil yang maksimal selanjutnya saatnya anda mengetahui beberapa manfaat udang air tawar bagi kesehatan tubuh manusisa. Mari kita simak dibawah ini manfaat udang air tawar :

 

Manfaat Udang Air Tawar Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

  • Menjaga Kesehatan Kadiovaskular

Udang galah atau udang air tawar ini bermanfaat untuk menjkaga keshatan kadiovaskular jika dikonsumsi bagi manusia. Sebab udang memili kandungan lemak asam ensensial yang dapt membantu menurunkan kolestrol jahat dan mengatasi penggumpalan kepingan darah ( ateroskeloris ).

  • Sumber Protein Yang Baik

Selain menjaga kesehatan kadiovaskular, ternyata udang memiliki banyak kandungan protein yang dapat memenuhi protein didalam tubuh manusia dengan asam amino yang memiliki profil lengkap sehingga mudah diserap oleh tubuh. Bagi anda yang ingin menambah masa otot, banyak-banyak lah mengkonsumsi udang galah ini.

  • Sumber Antioksidan

Udang galah atau udang air tawar ini merupakan salah satu makanan konsumsi laut yang mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Sumber antioksidan dapat membantu tubuh menjaga kesehatan funsi kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, dan memproduksi antibodi kandungan selenium yang tinggi.

  • Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit anemia atau penyakit darah rendah ini dpat anda cegah dengan mengkonsumsi udang galang atau udang air tawar lainnya. Dalam penunjangan produksi sek darah merah dan membantu mencegah anemia. Kandungan vitamin yang ada didalam tubuh udang mengandung sekitar 12% kandungan vitamin B12. Selain itu, mengkonsusmsi udang galah juga berperan dalam proses pembentukan sel darah merah sebab kandungan besi dan zinc nya yang amat tinggi.

 

Demikianlah artikel yang kami sajikan tentang Panduan Cara Budidaya Udang Air Tawar Kualitas Unggulan. Semoga dapat membantu anda dalam membudidayakan udang air tawar  dan bermanfaat, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *